Kapsul Waktu 2085 Tinggalkan Surabaya

Kapsul Waktu
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Rintan Puspitasari

VIVA.co.id - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Akhmad Sukardi, melepas Tim Ekspedisi Kapsul Waktu 2085 yang sebelumnya singgah di Surabaya. Pelepasan dilakukan di halaman kantor Gubernur Jawa Timur, Jalan Pahlawan 110 Surabaya, Selasa 10 November 2015.

Ekspedisi Kapsul Waktu 2085 ini melanjutkan perjalanan ke beberapa kabupaten/kota di Jatim. "Saya ucapkan selamat jalan, semoga selamat dan sukses sampai tujuan akhir membawa mimpi-mimpi dan harapan anak-anak Indonesia," ujar Sukardi.

Jawa Timur merupakan provinsi ke-21 yang disinggahi Tim Ekspedisi Kapsul Waktu yang bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan 2015.
   
Sebelumnya, pada upacara Hari Pahlawan 10 November, dibacakan tujuh mimpi aspirasi dan harapan masyarakat Jatim yang kemudian dimasukkan dalam kapsul waktu.

Tujuh mimpi dan aspirasi masyarakat itu dibacakan oleh dua pelajar yaitu Muhammad Gilang Ramadhani, pelajar SDN Pakis III dan Dewi Aisiyah Aliyapratiwi, pelajar SD Islam Takmiriyah Surabaya.

Kapsul waktu berisi surat tentang mimpi dan harapan anak-anak se-Indonesia di masa yang akan datang.

Ekspedisi tersebut merupakan rangkaian "Gerakan Ayo Kerja 70 Tahun Indonesia Merdeka" yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Kapsul waktu itu akan dijadikan sebuah monumen yang akan didirikan di Merauke, Papua, dan akan dibuka kembali pada 70 tahun mendatang, yaitu pada 2085.

Dalam rangkaian itu, ada ‎tiga mobil berkeliling menuju 34 provinsi di seluruh Indonesia, dimulai dari Sabang sampai Merauke. Ekspedisi ini melibatkan 40 panitia utama, dan sejumlah perwakilan di masing-masing daerah.

Salah satu kendaraan membawa sebuah tabung berbentuk kapsul berukuran lebih kurang 50 sentimeter. Kapsul tersebut nantinya akan diisi surat-surat yang bertuliskan mimpi dan harapan anak-anak Indonesia, yang ingin dicapai di masa depan.

Setiap provinsi diminta merumuskan berbagai harapan menjadi satu lembar surat, kemudian dimasukkan ke dalam kapsul waktu tersebut.

Sesuai jadwal, kapsul waktu akan tiba di Merauke, Papua, pada 21 Desember 2015.

‎Diharapkan, masyarakat bersama-sama menyambut kapsul waktu dengan beragam ekspresi termasuk pertunjukan seni, kegiatan ilmiah, aktivitas olah raga, pelatihan keterampilan, festival, karnaval budaya, dan lainnya.

Kapsul Waktu RI untuk Dibuka 2085 Tiba di Bali
Presiden Joko Widodo Jokowi saat berada di perkampungan nelayan Sorong Papua Barat

Titip Impian di Kapsul Waktu, Jokowi: Ayo Kerja

Ekspedisi kapsul waktu berakhir di Merauke Papua.

img_title
VIVA.co.id
30 Desember 2015