Gubernur Ganjar: Uskup Pujasumarta Ajak Selfie saat Sakit

Gubernur Ganjar: Uskup Pujasumarta Ajak Selfie saat Sakit
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto
VIVA.co.id - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengaku kehilangan sosok Mgr Johannes Maria Trilaksyanta Pujasumarta, Uskup Agung Semarang, yang wafat pada Selasa tengah malam, 10 November 2015. 
Kader Disegani, Demokrat Kehilangan Sosok Gubernur Kepri

Gubernur Ganjar berhalangan memberikan penghormatan terakhir kepada jenazah Romo Pujasumarta, karena sedang melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Karanganyar. Tetapi dia mengaku tak dapat melupakan sosok Romo Pujasumarta karena banyak kesan mendalam tentang uskup agung itu.
Tutup Usia, Gubernur Kepri Tak Sempat ke Istana

Bagi Ganjar, sosok yang akrab disapa Romo Pujo itu dekat dengannya. Romo Pujo, menurutnya, sosok yang mengayomi dan mendidik. Tutur kata dan perilakunya seolah menghadirkan suasana kesejukan.
Masyarakat Berduka Gubernur Kepri Tutup Usia

"Romo Pujo itu sejuk. Kalau ketemu bikin adem. Kesan pas sakit itu saya datang ke rumah sakit, dia bangun dan bilang: ‘Saya enggak apa-apa’, dan mengajak saya selfie (swafoto; berfoto bersama), " kata Ganjar saat dihubungi wartawan di sela kunjungan kerjanya pada Rabu, 11 November 2015.

Menurut Gubernur, Jawa Tengah kini kehilahan tokoh besar umat Katolik. Sebab Romo Pujo telah banyak berkontribusi pemikiran dan sikap nyata, baik dalam pemerintahan maupun keagamaan dan kemasyarakatan.

"Setiap acara orientasi pemerintahan, beliau selalu aktif. Sekalipun pada event besar umat muslim, seperti doa bersama, beliau hadir," kata Ganjar.

Romo Pujasumarta wafat di Rumah Sakit Elisabeth Semarang pada Selasa tengah malam, 10 November 2015. Dia meninggal dunia setelah dirawat selama dua bulan di rumah sakit itu akibat kanker paru-paru stadium empat.

Jenazah Uskup Pujasumarta akan dimakamkan di Seminari Kentungan, Yogyakarta, pada Jumat siang, 13 November 2015.

Ribuan jemaat Katolik memberikan penghormatan terakhir kepada jenazah Uskup Agung Mgr Johannes Maria Trilaksyanta Pujasumarta di Gereja Katedral Semarang pada Rabu, 11 November 2015.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya