Poster Rival Tersasar ke Posko Risma, KPU Dituding Tak Becus

Poster Rival Tersasar ke Posko Risma, KPU Dituding Tak Becus
Sumber :
  • VIVA.co.id/Januar Adi Sagita
VIVA.co.id - Sebanyak 8.000 lembar alat peraga kampanye (APK) berbentuk poster pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya, Rasiyo-Lucy Kurniasari, tersasar sampai di posko rival mereka, yaitu Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana di Jalan Kapuas Nomor 68, Surabaya, Rabu, 11 November 2015. Semua poster dikemas dalam delapan kotak, yang masing-masing berisi 1.000 poster.
Risma: Jerman Sumbang Rp1,5 Triliun untuk Bangun Trem

Juru Bicara Tim Kampanye Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana, Didik Prasetiyono, mengatakan, kejadian itu baru diketahui saat tim pemenangan Risma akan mendistribusikan semua poster itu ke masing-masing Pengurus Anak Cabang (PAC) dan posko pemenangan.
Ahok Sewot Jakarta Disebut Berantakan Dibanding Surabaya

“Biasanya, sebelum kami kirim memang dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Nah, pas kami periksa itu, ternyata ada delapan kotak yang bergambar Rasiyo-Lucy Kurniasari,” ujar Didik di Surabaya pada Kamis, 12 November 2015.
Siswa SD Menangis Agar Risma Tak Jadi Calon Gubernur Jakarta

Kejadian itu, kata Didik, merupakan bukti bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya tidak serius melakukan tugasnya. Sebab, meski pengiriman dilakukan perusahaan pemenang tender dan diawasi petugas KPU Kota Surabaya, tetap saja ada kekeliruan pengiriman.

Didik, yang juga Wakil Ketua PDIP Surabaya, mendesak KPU Surabaya segera mengklarifikasi peristiwa itu. Dia menilai kesalahan pengiriman itu masalah sangat serius.

“Ini bukan urusan remeh, dan tidak bisa main-main, agar tidak terjadi fitnah. Makanya, dalam waktu dekat harus ada serah terima, dan disertai dengan pembuatan berita acara,” ujar Didik.

Hingga kini, Ketua KPU Kota Surabaya, Robiyan Arifin, belum memberikan konfirmasi terkait hal itu. Berulang kali VIVA.co.id berusaha menghubungi nomor telepon selulernya, tapi Robiyan belum menjawabnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya