Isu 'Reshuffle' Menguat, Petinggi KIH Berkumpul di Istana

Ulang Tahun Nasdem Dihadiri Sejumlah Tokoh Politik dari Koalisi KIH
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Para ketua umum partai politik pendukung pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla berkumpul di Istana Negara, malam ini, Kamis, 12 November 2015.

Jokowi Salat Jumat di Bandara Soekarno-Hatta

Pertemuan dihadiri semua parpol pendukung pemerintah, yakni Megawati Soekarnoputri (PDIP), Wiranto (Hanura), Muhaimin Iskandar (PKB), Surya Paloh (NasDem), dan Romahurmuziy (PPP).

Tak hanya Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla juga turut hadir dalam pertemuan tersebut. Dari PPP hadir juga Ketua Majelis Pertimbangan DPP Suharso Monoarfa (Wantimpres) dan Ketua Majelis Pakar DPP Lukman Hakim Saifudin (Menteri Agama).

Fadli Zon dan Fahri Hamzah Puji Jokowi

Ketum PPP Romahurmuziy, yang kerap disapa Rommy mengatakan, ada tiga pembahasan utama dalam pertemuan tersebut. "Pertama, konstelasi politik nasional dan konsolidasi KIH (Koalisi Indonesia Hebat) yang dalam rapat tadi disepakati diubah namanya menjadi Partai-Partai Pendukung Pemerintah," ujarnya, Kamis malam, 12 November 2015.

Pemerintah di kuartal III, lanjut Romi, butuh dukungan yang kuat. Apalagi, sudah enam paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan dan butuh dukungan politik dari parpol pendukung. "Untuk itu Partai-Partai Pendukung Pemerintah terus mengupayakan dukungan politik atas hal tersebut," katanya menambahkan.

Kapolda Metro Jaya Pastikan Tagih Janji Demonstran

Masalah lain terutama situasi di DPR, terkait sejumlah pansus (saat ini ada Pansus Pelindo), juga turut dibicarakan. Lalu, apakah juga membahas masalah reshuffle kabinet untuk memberi posisi PAN di pemerintahan karena telah mendukung pemerintah?

"Hal-hal lain yang lebih detail tentu tidak semua bisa disampaikan," kata Romi, diplomatis.

(mus)

Maket Stasiun Kereta Api di dalam area Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten

Presiden: Proyek Kereta Bandara Selesai Sesuai Target 2017

Terkendala lahan yang belum dibebaskan

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016