Kisah Heroik M Jasin dan Brimob Melawan Jepang

Latihan Pengamanan Bali Nine
Sumber :
  • Antara/Nyoman Budhiana

VIVA.co.id - Sosok Komisaris Jenderal Purnawirawan Moehammad Jasin disebut sebagai Bapak Brimob Polri, karena menggagas terbentuknya satuan Brimob pada era kemerdekaan.

Polisi Bicara Pengganti Santoso, Pimpinan Teroris Poso

Presiden Joko Widodo menganugerahkan penghargaan Pahlawan Nasional kepada Komjen Purn M. Jasin melalui Keputusan Presiden Nomor 11/6/TK/2015 tertanggal 4 November 2015.

Melalui HUT Brimob ke 70 yang digelar di Lapangan Upacara Multifungsi, Cikeas, Bogor, Sabtu 14 November 2015, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti secara khusus mendedikasikan HUT Brimob kali ini untuk mengenang sosok Komjen (purn) M. Jasin.

Pasukan Elite Brimob Mulai Buru 'Sisa-sisa' Santoso di Poso
Badrodin menjelaskan, karena berkat perjuangan M. Jasinlah Brimob dapat terbentuk dan sebagai langkah awal berdirinya Polri hingga sekarang ini.

Brimob Kawal Aremania ke SUGBK
Brimob dikatakan Badrodin, memiliki kemampuan sebagai pasukan pemukul dan penanganan unjuk rasa, dan Brimob masih sangat dibutuhkan untuk menjaga keamanan. 

"Dalam memelihara keamanan dan menanggulangi berbagai kejahatan dengan tingkat tinggi, kiprah Brimob masih sangat dibutuhkan," ujar Badrodin yang menjadi Inspektur Upacara, Sabtu 14 November 2015.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, dalam buku yang dibuat oleh Komisaris Besar Uden Kusuma Wijaya yang berjudul The Legend dijelaskan, saat itu M. Jasin masih berpangkat Inspektur Satu (Iptu) bersama pasukannya terlibat dalam pertempuran 10 November 1945.

Brimob awalnya adalah pasukan Tokobetsu Keisatsu, atau polisi istimewa yang dibentuk oleh Jepang.

M. Jasin, kemudian memutuskan untuk berperang untuk mempertahankan kemerdekaan yang telah direbut, setelah Jepang dirundung kekalahan oleh Sekutu usai Hirosima dan Nagasaki di bom atom oleh Amerika. 

Pada masa-masa darurat mempertahankan kemerdekaan Indonesia, Brimob juga berperan dalam mengamankan dan melakukan Pengawalan terhadap Presiden Soekarno. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya