Ratusan Tank Meriahkan HUT 70 Tahun Korps Marinir

HUT Marinir ke-70
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace

VIVA.co.id - Korps Marinir TNI Angkatan Laut merayakan hari jadinya yang ke-70 di Lapangan Apel Ksatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu, 15 November 2015.

HUT ke-70 Marinir ini mengambil tema "Kuat Bersama Rakyat, Berkarakter Maritim". Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi bertindak sebagai inspektur upacara dalam acara tersebut.

Kepala Pusat Komando Pengendalian Angkatan Laut (Kapuskodal) Letkol (Mar) David mengatakan, sebanyak dua ribu pasukan diturunkan dalam upacara tersebut.

TNI AL Kecam Gugatan Pendirian Polres Bandara Juanda

Sejumlah atraksi disuguhkan untuk memeriahkan HUT Korps Marinir ke-70, di antaranya terjun payung (free fall) oleh 70 penerjun TNI dan Polri, demo serangan kilat, wushu dan mixed martial art serta kolone senapan Marinir junior yang melibatkan anak-anak.

"Ada sekitar dua ribu pasukan. Tanknya banyak sekali, kalau dihitung sama di luar bisa ratusan jumlahnya," kata Letkol David.

Pantauan VIVA.co.id, selain parade dan atraksi prajurit, Korps Marinir juga menampilkan sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang mereka gunakan. Dalam acara tersebut, Korps Marinir melibatkan anak-anak dalam salah satu atraksi.

"Ya ingin lebih surprise lagi kalau anak-anak yang bermain. Mereka dilatih teknis-teknisnya biar aman, kalau dari jauh memang tidak aman tapi sebetulnya dia tahu teknisnya supaya aman."

Peringatan HUT ke-70 Korps Marinir juga diadakan pengobatan gratis, donor darah, Marines Base Open Day, Kirab Prajurit dan Kendaraan Tempur Marinir. Bahkan, salah satu grup band ternama Slank akan ikut memeriahkan acara tersebut. Slank dipilih karena partisipasinya dalam kegiatan Korps Marinir terkait penanaman terumbu karang, di sejumlah pesisir pantai di Indonesia beberapa waktu lalu.

Prajurit TNI dan Polisi Tewas Terlindas Truk

(mus)

Latihan VBSS TNI AL

Selundupkan Kayu, 8 Warga Papua Nugini Dicokok TNI AL

Warga Papua Nugini juga masuk Indonesia tanpa dokumen resmi

img_title
VIVA.co.id
11 April 2016