Begini Cara Evakuasi Bangkai Kapal Karam KM Wihan

Kapal tenggelam
Sumber :
  • @jurnalmaritim

VIVA.co.id - Proses evakuasi bangkai Kapal Motor (KM) Wihan Sejahtera akan dilakukan hari ini, Selasa, 17, November 2015.

4 WNI Korban Kapal Tenggelam di Malaysia Teridentifikasi

Kepala Syahbandar Gapura Surya Nusantara, Kapten Rudiana mengatakan, evakuasi itu akan dimulai dengan pemberian tanda di lokasi tenggelamnya kapal tersebut.

"Sebenarnya sekarang itu sudah ada tandanya, tapi masih dari semacam pelampung. Nah, kalau yang hari ini itu semacam tanda yang lebih permanen," ujar Rudiana.

KM Wihan yang Tenggelam di Teluk Lamong Tak Berasuransi

Menurut dia, hal itu untuk memudahkan tim melakukan evakuasi. Setelah itu, tim evakuasi akan menunggu hingga beberapa menit.

"Dengan tujuan untuk memastikan keadaan arus bawah laut. Kalau misalnya, arusnya masih kencang, bisa jadi proses evakuasi akan ditunda dulu dengan alasan keamanan," ujarnya menambahkan.

Bangkai KM Wihan Ditarik Dua Kapal

Tim evakuasi rencananya akan dibentuk dengan gabungan dari beberapa instansi. Di antaranya Basarnas, Direktorat Polisi Air (Dit Pol Air) Polda Jatim, serta dari Syahbandar GSN.

"Mengenai pembagian tugasnya seperti apa, itu yang sampai sekarang masih belum kami bicaran, makanya akan kita koordinasikan lebih lanjut."

Sebelumnya, Kapal Motor (KM) Wihan Sejahtera karam di Perairan Teluk Lamong Surabaya, Jawa Timur, Senin, 16 November 2015. Kapal tujuan Ende Flores Nusa Tenggara Timur dan berbobot lebih dari 10 ribu ton tersebut diduga menabrak benda keras di dasar laut saat baru sampai di depan Pelabuhan Wilmar. Kapal mulai oleng ke kiri dan perlahan-lahan tenggelam.

(mus)

 

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya