Sinabung Semburkan Awan Panas 3,5 Km

Ilustrasi erupsi Gunung Sinabung.
Sumber :
  • Antara/Irsan Mulyadi
VIVA.co.id - Aktivitas vulkanik Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali meninggi. Gunung yang belum pernah berhenti beraktivitas sejak lebih dua tahun terakhir itu menyemburkan awan panas lagi sedikitnya tujuh kali pada Selasa, 17 November 2015.
Kapolri: Kericuhan di Karo Akibat Dialog Belum Matang

Armen, petugas Pos Pengamat Gunung Api Sinabung, mengatakan bahwa peningkatan aktivitas terjadi pada Selasa dini hari dan mencapai puncaknya pada pukul 08.00.
Setahun Sinabung Meletus, BNPB Sudah Kucurkan Rp356,5 Miliar

Jarak luncuran awan panas, menurut Armen, masih mengarah ke tenggara dan timur dengan jarak luncur 3,5 kilometer. "Dibanding hari sebelumnya, ini aktivitas hari ini sangat tinggi,” katanya.
Sudah Setahun Gunung Sinabung Terus Meletus

Status Gunung Sinabung masih awas atau berada di level IV. Sebanyak 9.325 jiwa dengan 2.592 kepala keluarga mengungsi di sembilan posko pengungsian yang telah disediakan pemerintah.

Sinabung adalah gunung api di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Sinabung bersama Gunung Sibayak di dekatnya adalah dua gunung berapi aktif di Sumatera Utara dan menjadi puncak tertinggi kedua di provinsi itu. Ketinggian gunung adalah 2.451 meter.

Gunung itu tidak pernah meletus sejak 1600, tetapi mendadak aktif kembali dengan meletus pada 2010. Letusan terakhir gunung itu terjadi pada September 2013 dan berlangsung hingga kini.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya