Gus Mus: Teroris adalah Orang-orang Baru Belajar Agama

Gus Mus dalam acara istigotsah almarhum Gus Dur.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dody Handoko
VIVA.co.id
Gelar Operasi Antiteror, Polisi Kanada Lumpuhkan Tersangka
- Tokoh Nahdlatul Ulama Mustafa Bisri atau yang akrab disapa Gus Mus menilai munculnya tindakan teror ditengarai oleh ketidakpahaman publik tentang pengetahuan agama.

Bertemu Menteri Australia, Yasonna Bahas Soal Terorisme

"Terorisme muncul karena orang tidak paham agama," kata Gus Mus usai seminar Kultural Masyarakat Nusantara di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Rabu, 18 November 2015.
ISIS Klaim Rampas Senjata Milik Tentara AS


Menurut Gus Mus, orang yang memahami agama dan substansinya tentu tidak akan berbuat tindakan teror. Sebab, setiap agama apa pun, tidak ada yang mengajarkan terorisme. Semua agama mengajarkan tentang cinta kasih.


"Mereka (teroris) itu kan orang-orang yang baru belajar agama, jadinya masih kaget, dan semangatnya masih meledak-ledak," ujar Gus Mus.


Karena itu, Gus Mus mengimbau kepada seluruh pemuka agama, khususnya NU dan Muhammadiyah sebagai ormas Islam terbesar di Indonesia, agar mengambil peranan penting untuk menyadarkan umatnya.


Dengan itu maka ajaran radikalisme yang masuk ke Indoneis dapat dibendung. "Kalau sudah seperti itu, maka akan semakin sedikit generasi muda yang terjebak dalam aksi terorisme dan radikalisme," tuturnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya