Gubernur Gatot Mengelak Bicara Uang untuk Jaksa Agung

Gatot Diperiksa Penyidik Kejagung
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Nama Surya Paloh Disinggung di Sidang Gatot Pujo
- Gubernur Sumatera Utara nonaktif, Gatot Pujo Nugroho, enggan berkomentar mengenai uang yang diduga disiapkan untuk diberikan kepada Jaksa Agung HM Prasetyo.

Plt Gubernur Sumut Ungkap Penyelewengan Dana Bansos Gatot

"Kami tidak tahu menahu," kata Gatot di Gedung KPK, Jakarta, Kamis 19 November 2015.
Penyuap Gubernur Gatot Gugat KPK di Praperadilan


Saat ditanyakan kembali mengenai penyiapan uang US$20.000 yang diperuntukan kepada Jaksa Agung, Gatot kembali menghindar menjawab. Dia menyebut kehadirannya di Gedung KPK untuk memenuhi pemeriksaan penyidik Kejaksaan.


Menurut Gatot, dalam pemeriksaannya tersebut, dia hanya ditanya mengenai sejumlah uang kepada Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus, Maruli Hutagalung. "Kami hanya berbicara soal Maruli," kata dia.


Sebelumnya, istri Gatot, Evy Susanti, disebut pernah menyiapkan dana hingga ribuan dolar untuk Jaksa Agung, HM Prasetyo.


Hal tersebut terungkap dari keterangan Fransisca lnsani Rahayu alias Sisca saat dihadirkan sebagai saksi untuk terdakwa mantan Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, Patrice Rio Capella di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin 16 November 2015.


Awalnya Sisca mengungkapkan, adanya pertemuan antara dia, Evy dan Rio Capella di sebuah cafe. Pertemuan itu dilakukan setelah dilakukan penyerahan uang kepada Rio yang bertujuan untuk mengkomunikasikan perkara yang menjerat Gatot di Kejaksaan Agung.


Menurut Sisca, Evy sempat mengungkapkan bahwa dia telah menyiapkan sejumlah dana, baik untuk Jaksa Agung, maupun untuk Rio Capella.


"Setelah Pak Rio pulang kita bicara ringan sedikit, kemudian sebelum pulang, Bu Evy bilang 'Mbak tolong sampaikan ke Pak Rio yah, untuk urusan Jaksa Agung ada dana US$20 ribu, kemudian untuk Pak Rio ada sendiri'," kata Sisca.


Selain itu, Sisca juga mengungkapkan adanya permintaan dari Evy kepada Rio untuk melobi Kejaksaan Agung terkait perkara Gatot. Sisca mengungkapkan mengetahui hal tersebut dari percakapannya dengan OC Kaligis. Ketika itu, Kaligis mengatakan dia kenal dekat dengan Prasetyo.


"Tapi kalau dengan Pak Rio mungkin agak lebih enak. Jadi kau tolong bantulah lewat Bang Rio," ujar Sisca menirukan ucapan Kaligis padanya yang tertuang dalam BAP.


"Dari situ saya pahami bahwa saya diminta Pak Kaligis, meminta Rio Capella melobi Kejaksaan Agung," ungkap Sisca.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya