Sander Metz Mendadak Sulit Dikonfirmasi Polisi

sander metz
Sumber :
  • sander metz
VIVA.co.id - Kepolisian Sektor Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah, telah menemukan perempuan yang diduga ibu kandung Sander Metz alias Budi Santoso. Dia adalah pria Belanda yang mencari keluarganya di Indonesia.
Mandi di Pantai Kuta, Anggota Polres Badung Hilang

Perempuan itu bernama Sumarah (55 tahun), warga yang tinggal di Dusun Tegal Panas, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Sejak Sander Metz mengunggah foto pencarian keluarganya di Facebook, polisi Ambarawa langsung bergerak mencari nama-nama yang dimaksud Sander Metz.
Menyibak Hilangnya Mahasiswa UI Selama 15 Hari

"Dari puluhan nama Warni atau Suwarni seperti yang dimaksud Sander Metz, kita kerucutkan satu orang yang memang mengakui pernah mengasuh Sander. Warni bukan ibu Sander Metz," kata Kepala Polsek Ambarawa, Ajun Komisaris Polisi Mulyadi, saat ditemui VIVA.co.id di kantornya Senin kemarin.
Mahasiswa UI yang Hilang Kembali ke Rumah

Berdasarkan keterangan Warni, polisi mendapatkan titik terang bahwa ada nama Sumarah yang diyakini sebagai ibu kandung Sander Metz. Sementara ayah Sander diketahui bernama Jiu, warga Tionghoa, yang kini telah pindah ke Malang.

Mulyadi mengaku sempat kesulitan menghadirkan Sumarah untuk dimintai keterangan di kantor polisi. Namun, setelah dibujuk, dua kakak-adik, yakni Sumarah dan Suwarni, akhirnya mendatangi Polsek Ambarawa.

"Suwarni mengiyakan kalau mengenali foto Sander Metz bayi pernah ia asuh. Tapi Sumarah justru tidak mengakui. Katanya malu, karena merasa tak pernah membesarkan anak itu (Sander Metz)," ujar Mulyadi.

Meski sempat menemui titik terang, Mulyadi berterus terang kesulitan berkomunikasi lebih detail dengan Sander Metz alias Budi Santoso di Belanda. Dia hanya bisa berbalas pesan melalui aplikasi percakapan WhatsApp.

"Saya WA (mengirim pesan WhatsApp) sama Sander. Tapi selalu susah karena dia juga tidak bisa bahasa Indonesia," imbuh Mulyadi.

Terkahir, katanya, Sander Metz memberikan kabar dan pernyataan bahwa pada Agustus 2015, Sander Metz menerima hasil tes DNA Sumarah yang diduga sebagai ibu kandungnya. Namun hasilnya negatif. Sander bahkan meminta tolong polisi untuk mencari nama Warni yang lain dan kakaknya, Budi Rahayo, di Ambarawa.

"Sebenarnya kasus ini sudah jelas. Kalau pingin mengetahui keluarganya secara valid, Sander datanglah ke sini, lalu tes DNA, karena Suwarni dan Sumarah sudah mengakui (mengenal Sander Metz)," ujarnya.

Menurut Mulyadi, sejak aparat Polsek Ambarawa memberikan gambaran detail tentang Suwarni dan Sumarah, Sander Metz mendadak sulit diajak komunikasi. Beberapa kali pesan WhatsApp yang dikirimkan Mulyadi tidak dibalas Sander Metz. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya