Luhut: Asing Jangan Dikte Pemerintah Soal Sawit

Menkopolhukam Luhut Binsar Pandjaitan
Sumber :
  • Lilis Khalisotussurur

VIVA.co.id - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Pandjaitan memperingatkan agar lembaga swadaya masyarakat (LSM) jangan sampai mendikte pemerintah untuk mengembangkan usaha sawit ketika dikaitkan dengan lingkungan.

Semester I, Bakrie Plantations Catat Penjualan Rp770 Miliar

"Saya ingin ekonomi Indonesia berjalan bagus. Kalau orang mengganggu ekonomi kita, kita ingatkan. Kalau tidak bisa diingatkan, suruh pergi. Jangan kau atur Indonesia," ujar Luhut dalam acara Indonesian Palm Oil Conference 2015 di Bali Nusa Dua Convention Centre, Bali, Kamis 26 November 2015.

Ia menegaskan pemerintah juga fokus terhadap persoalan lingkungan dalam konsesi sawit. Sehingga ketika ada kekurangan atau masalah lingkungan, pemerintah pasti juga akan mengoreksi diri. Sebab pastinya ia ingin agar anak cucu Indonesia ke depan bisa menikmati lingkungan yang baik.

Laba Anjlok, Astra Agro Lestari Tak Bagi Dividen

"Jadi jangan lecturing kita. Jangan orang lain mendikte karena persaingan," kata Luhut.

Ia menjelaskan ingin melindungi negara dari dikte asing. Apalagi industri sawit ini dianggap sebagai sektor yang penting karena mampu menyerap tenaga kerja hingga 21 juta lebih tenaga kerja. Lalu hampir 45 persen industri sawit juga dimiliki rakyat. Sehingga akan berdampak pada pemerataan kesejahteraan rakyat.

Himpun Dana Kelapa Sawit, Pemerintah Libatkan Surveyor

"Ini juga saya ingatkan pada teman-teman pengusaha sawit. Kalian jangan main-main juga soal lingkungan. Kita harus disiplin," ujar Luhut.

Airlangga Hartarto

Ada Moratorium, Investasi Sawit Tetap Berjalan Baik

Kepastian hukum investasi CPO tetap terjaga baik.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016