Bila Terbukti Pakai Enzim Babi, MUI Akan Pidanakan Solaria

Pihak Solaria dan MUI
Sumber :
  • VIVAlife/Tasya

VIVA.co.id - MUI pusat akan melakukan uji banding terhadap temuan MUI Balikpapan terkait penggunaan enzim babi dalam bumbu dapur di Resotoran Solaria, Jalan Sudirman, Balikpapan.

MUI Tak Akan Cabut Sertifikasi Halal Solaria

Menanggapi hal tersebut Majelis Ulama Indonesia menegaskan, akan segera membicarakan temuan tersebut mengingat restoran Solaria sejatinya memiliki label halal dari MUI. Ketua MUI Bidang Penelitian, M Abdurrahman menegaskan, akan segera meninjau kebenaran temuan tersebut, dan apabila memang terbukti maka MUI meminta restoran tersebut harus segera tutup.

"Tentang restoran itu, memang kita akan membicarakan kembali, kalau memang demikian, supaya ditinjau ulang. Hal ini memang begitu mendesak dan akan langsung didiskusikan," ujar Abdurrahman di Gedung MUI Pusat, Jalan Proklamasi, Jakarta, Kamis, 26 November 2015.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar tidak lagi mendatangi restoran yang diduga mengandung zat haram di dalamnya. Dan apabila Solaria terbukti menggunakan zat haram dalam mengolah makanan, maka harus segera ditutup dan dipidanakan.

"Kepada warga, jangan mendatangi restoran yang diduga haram. Tinggalkan saja, cari restoran yang halal. Kalau memang restoran itu terbukti, harus dihukum dan dituntut pidana, dibawa ke pengadilan," ujarnya.

Namun, berkaitan dengan Solaria sebelumnya sudah memiliki label sertifikat halal dari MUI, Abdurrahman berdalih mungkin saja pada saat uji kehalalan, zat yang diperiksa pihak MUI adalah halal dan kemudian setelah beroperasi kembali menggunakan kandungan babi di dalamnya.

Negatif Babi, MUI Sebut Hasil Tes Awal Kesalahan Metode

"Mungkin saja pas diperiksa halal, namun kemudian dicurangi," katanya.

Ia mengaku memang baru 15 persen saja restoran di Indonesia yang berlabel halal. Kriteria restoran halalĀ  tidak mengandung barang haram dalam pengolahan makanannya.

"Begitu ada unsur-unsur babi walaupun sedikit sekali, itu menganggu kehalalan. Saya minta produsen untuk hati-hati dalam mengelola makanan," katanya.

Sebelumnya, Solaria melalui akun resminya di Facebook telah mengelurkan pernyataan bahwa: Semua bahan yang digunakan bersertifikat halal, dan selalu mengikuti semua prosedur serta arahan dari MUI Pusat.

Restoran Solaria Belum Cabut Label Halal
Manager Operasional Solaria, Dedi Nugrahadi.

Terindikasi Memakai Enzim Babi, Omzet Solaria Turun

MUI memastikan bumbu negatif mengandung enzim babi.

img_title
VIVA.co.id
27 November 2015