Bupati Dedi Bantah Tudingan Rizieq FPI Soal Sampurasun

Aksi demonstrasi anti Ahmadiyah.
Sumber :
  • ANTARA/ Prasetyo Utomo

VIVA.co.id - Kasus penghinaan salam Sunda "sampurasun, yang diplesetkan mantan Ketua Front Pembela Islam Habib Muhammad Rizieq masih diproses polisi.

Para Pedagang Makanan Untung 'Diserbu' Pendemo

Selain menyebut Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi sebagai seorang yang syirik dan dianggap telah merusak tatanan keislaman, hingga menyebut Dedi Mulyadi menikah dengan Nyi Roro Kidul, tudingan lain dari Rizieq kepada Dedi yaitu mengganti salam "Assalamualaikum" dengan salam Sunda "Sampurasun".

Menanggapi berbagai tudingan tersebut, Dedi Mulyadi menyikapinya dengan santai. Menurut Dedi, "Assalamualaikum" dan Sampurasun adalah pertautan.

Dedi menjelaskan, jika keIslaman dan Kesundaan merupakan nilai keimanan dan tradisi guna menata kehidupan manusia menuju kesempurnaan.

"Assalamualaikum dan Sampurasun bukan kalimat yang harus dipertentangkan, karena dimensi keduanya berbeda. Tetapi Assalamualaikum dan Sampurasun adalah pertautan," Ujar Dedi, di Purwakarta, Kamis, 26 November 2015.

Namun, Dedi menampik jika ia merubah Assalamualaikum dengan Sampurasun, tetapi dia mengakui mempertautkan keduanya sehingga menjadi karakter universal.

"Selama ini, saya selalu mengucapkan Assalamualaikum terlebih dahulu, dilanjutkan dengan salam Sunda, Sampurasun. Itu dilakukan di berbagai kegiatan," kata Dedi.

Menurut Dedi, tuduhan jika dirinya mengganti kalimat Assalamualaikum dengan Sampurasun sangat tidak mendasar. Dedi kemudian memastikan bagi yang tidak yakin dan dipersilakan untuk datang ke Purwakarta, serta bisa melihat seluruh dokumen pidatonya di bagian humas Pemda.

"Seluruh pidato saya, dokumennya ada dan tersimpan dengan rapi di humas pemda Purwakarta. Maka siapapun dapat mengaksesnya," kata Dedi.

Laporan: Jay Ajang Bram

FPI Siap Penuhi Makanan Demonstran Hingga Malam Hari
Suasana Masjid Istiqlal yang menjadi titik pusat berkumpul peserta demo Tangkap Ahok di Jakarta atas dugaan tindakan penodaan agama, Jumat (4/11/2016)

PPATK Siap Telisik Dugaan Aliran Dana Demo 4 November

Kabarnya, ada aliran dana Rp10 miliar dari mantan petinggi negara.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016