Penyakit Misterius di Papua, 56 Anak Meninggal

Daerah Inpres Desa Teringgal (IDT) di Papua
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVA.co.id - Sepanjang dua pekan terakhir, puluhan anak di Kabupaten Nduga Papua meninggal diduga akibat penyakit misterius. Penyakit yang menyerang anak-anak itu adalah penyakit broncho pnemonia dan penyakit ISPA.

Selundupkan Kayu, 8 Warga Papua Nugini Dicokok TNI AL

Jumlah korban bahkan dikabarkan sudah mencapai 56 orang. Sebelumnya, jumlah korban meninggal 31 orang, bertambah menjadi 41 orang dan bertambah lagi menjadi 56 orang.

"Sebagian besar yang meninggal adalah anak di bawah umur 2 tahun. Gejala yang timbul sebelum kematian adalah batuk yang disertai panas. Tak ada buang-buang air. Penyebab pastinya akibat kematian ini masih terus diselidiki," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nduga, Papua, Mesak, Kamis 26 November 2015. 

Menurut Mesak, penyakit itu menyebar hampir diseluruh kampung yang ada di Kabupaten Nduga. "Terparah ada di Distrik Mbuwa dan Bumulyama, data sementara dinas kesehatan sudah 31 anak yang meninggal," katanya.

Saat ini jumlah korban terus bertambah. Bantuan medis dari Kota Wamena dikerahkan ke Distrik Mbuwa untuk mengatasi wabah mematikan ini.

Pendidikan di Kawasan Indonesia Timur Masih Timpang
Salah satu tribun di Mimika Sports Complex

Papua Bangun Kompleks Olahraga Mewah untuk PON 2020

Pembangunan Mimika Sports Complex dibantu oleh PT Freeport Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2016