Anggaran Pilkada di 269 Daerah, 100 Persen Terpenuhi

Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

VIVA.co.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan, anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di seluruh daerah yang menggelar 'pesta demokrasi' serentak pada 9 Desember 2015 mendatang telah jelas dan tercukupi.

PDIP Masih Cari Momentum Baik untuk Umumkan Cagub DKI

Komisioner KPU Arief Budiman menjelaskan, sebelumnya masih ada daerah yang anggarannya belum terpenuhi bahkan masih kurang dibawah 50 persen.

"Jadi soal anggaran, kami juga baru dapat konfirmasi yang sampai tadi siang, tiga daerah sudah ditransfer 100 persen, kecuali Yahukimo. Tapi ketersediaannya 100 persen," ujar Arief di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol 29, Jakarta Pusat, Jumat, 4 Desember 2015.

Ahok Tak Sudi Disebut Petugas Partai

Arief menjelaskan, seluruh petugas untuk kebutuhan Pilkada termasuk petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) juga sudah direkrut dan telah dibekali dengan keterampilan teknis untuk memfasilitasi pemungutan suara di Pilkada.

"Jadi personel sudah direkrut sampai KPPS, Bimbingan Teknis (Bimtek) juga sudah sampai KPPS," katanya menambahkan.

KPUD DKI Akui Syarat Jalur Independen Sulit

Senada dengan Arief, Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Reydonnizar Moenek juga memastikan, anggaran Pilkada terselesaikan sebelum 5 Desember besok ini.

Penjabat Gubernur Sumatera Barat itu menjelaskan, sejumlah daerah tersisa yang sebelumnya bermasalah anggaran, telah membuat komitmen untuk menyelesaikan masalah anggarannya hari ini.

“Kalau KPU yang  kurang dari 50 persen, Bupatinya telah komit dan menyatakan untuk menyelesaikan sebelum tanggal 5, jadi hari ini diselesaikan,” ujar Donny sapaan akrab Reydonnizar Moenek di Kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat 4 Desember 2015.

Dengan tercukupinya anggaran tersebut, pelaksanaan Pilkada Serentak yang jatuh pada tanggal 9 Desember diharapkan berjalan sesuai rencana.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya