Menko Luhut: SIM Online Bikin Kinerja Polisi Lebih Efisien

Layanan SIM Online Diresmikan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Moh. Nadlir

VIVA.co.id - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan SIM Online yang baru saja diluncurkan Kepolisian RI adalah terobosan bagus sehingga dinilai dapat membuat kinerja polisi lebih efisien.

"Polri sudah melakukan pekerjaan dengan baik. Ini suatu terobosan dari Polri dengan online ini mereka kerja sama dengan BRI dan juga dengan Kemendagri," kata Luhut di Jakarta, Minggu 6 Desember 2015.

Luhut berharap, SIM Online ke depan akan bisa menjadi snow ball, Artinya, kata Luhut, bisa menjadi momentum bagi Indonesia untuk lebih efisien dalam berbagai hal dengan lebih banyak menggunakan data-data yang berbasis teknologi infomasi.

"Jadi database yang ada di Kemendagri yang hari ini 172 juta itu telah diakses ke mari dan juga tadi BRI. Bagus juga, tidak sampai 5 menit sudah jadi SIM-nya," ungkap Luhut.

SIM Online ini merupakan terobosan dari program kerja jajaran Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Kementerian Dalam Negeri.

Hal itu untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam mendapatkan pelayanan dari kepolisian, khususnya dalam hal pengurusan perpanjangan SIM.

Kini masyarakat yang berada di perantauan yang ingin memperpanjang SIM-nya bisa menggunakan layanan perpanjang SIM via internet, tanpa harus pulang ke kota asal. (ren)

Layanan SIM Online Diresmikan
Peluncuran SIM Online

Kapolri: SIM Online, Warga Tak Perlu Pulang Kampung

"Cukup perpanjang di Satpas terdekat".

img_title
VIVA.co.id
6 Desember 2015