LSI: Zumi Zola Kalahkan Petahana

Calon gubernur Jambi, Zumi Zola.
Sumber :
  • VIVAnews/Gestina Rachmawati
VIVA.co.id - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jambi, Zumi Zola-Fachrori Umar, mengalahkan calon petahana, Hasan Basri Agus-Edi Purwanto, berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) Lingkaran Survei Indonesia (LSI).
Maju Pilkada Kalsel 2024, Pasangan Muhidin-Hasnur Kantongi Restu Haji Isam
 
Zumi Zola-Fachrori Umar memperoleh 59,48 persen suara, sedangkan Hasan Basri Agus-Edi Purwanto mendapatkan 40,52 persen suara. Penghitungan cepat itu berdasarkan persentase suara masuk yang mencapai 98 persen dan tingkat partisipasi pemilih sebanyak 66,49 persen.
Sinyal PKS Kembali Dukung Edy Rahmayadi di Pilkada Sumatera Utara?
 
"Ini hasil quick count kita (LSI), untuk hasil finalnya tetap di KPU (Komisi Pemilihan Umum),” kata Diki Novianta S, petugas hitung cepat LSI, di Jakarta, Rabu, 9 Desember 2015.
Usai PDIP, Giliran Edy Rahmayadi Daftar Bakal Cagub Sumut 2024 dari PKS
 
Zumi Zola-Fachrori Umar didukung 18 kursi DPRD atau 32,79 persen kursi dI DPRD Provinsi Jambi. Pasangan itu menerima dukungan dari PKB sebanyak 6 kursi, PAN 5 kursi, Nasdem 3 kursi, Hanura 3 kursi, PBB 1 kursi. Sementara dukungan dari Golkar dan PPP, pasangan Zumi Zola-Fachrori Umar hanya didukung satu kubu masing-masing partai yang berseteru.
 
Sujud syukur
 
Setelah melihat hasil penghitungan sementara melalui hitung cepat Charta Politica, Zumi Zola sujud syukur, di Kampung Manggis, Kota Jambi, pada Rabu, 9 Desember 2015. Didampingi ayahnya, Zulkifli Nurdin, dan tim koalisi, Zumi Zola menunjukkan rasa syukurnya dengan keunggulan yang diperolehnya.
 
Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, terdengar teriakan dari tim dengan yel-yel salam dua jari. Kegembiraan dari tim pasangan nomor urut dua ini, karena melihat hasil hitung cepat sudah masuk 90 persen.
 
Zola-Fachrori kalah di Kerinci. Padahal, daerah ini dikenal menjadi basis Zola-Fachrori. Di Kerinci, Zola-Fachrori hanya mendapat 48 persen. Kekalahan telak Zola-Fachrori di Sarolangun. Di kabupaten ini, Zola hanya kebagian 25 persen. 
 
Zumi Zola berterima kasih kepada KPU, Bawaslu dan semua tim sukses. Kemenangan berdasarkan hitung cepat itu tidak terlepas dari perjuangan bersama. "Terima kasih atas dukungannya, sehingga saya terpilih menjadi Gubernur Jambi," katanya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya