Besok, MKD Panggil Luhut Terkait Skandal Freeport

Menteri Politik Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Panjaitan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Menko Darmin Batal Temui Presdir Sementara Freeport
- Nama Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Panjaitan ikut terseret dalam kasus skandal Freeport. Dalam rekaman, antara Dirut PT FI Maroef Sjamsoedin, Ketua DPR Setya Novanto dan Pengusaha Riza Chalid, nama Luhut disebut sebanyak 66 kali. Lantaran hal ini, besok pihak Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) akan memanggil Luhut untuk dijadikan saksi.

Fadli Zon: Kasus Pemufakatan Jahat Novanto Jangan Dipaksakan

Anggota MKD, Supratman, pun menyatakan, bahwa Luhut dijadwalkan akan menjadi saksi pada pukul 13.00 WIB, Senin, 14 Desember 2015.
Bos Besar Freeport Mundur, Menteri Sudirman Optimistis


"Pemanggilan Luhut ini memang tidak terlibat dalam kasus (skandal Freeport, tapi, ini karena namanya 66 kali disebut dalam rekaman," kata Supratman dalam tayangan tvOne, Minggu, 13 Desember 2015.


MKD menyatakan, kehadiran Luhut nantinya bisa sangat membantu untuk penyelidikan MKD lebih lanjut. "Minimal bisa memberi spektrum dari pembicaraan-pembicaraan dalam rekaman itu," ujarnya.


Tak hanya Luhut yang akan hadir menjadi saksi di sidang MKD besok. Pengusaha Riza Chalid juga dijadwalkan akan menjadi saksi yang dihadirkan pukul 10.00 WIB.


Terkait masalah ini, Luhut sebelumnya juga dengan tegas menyatakan bahwa dia siap dipanggil MKD terkait isi rekaman skandal Freeport. "Sepanjang tidak salah, saya akan hadapi siapapun dia," kata Luhut ketika itu.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya