Komisi III Rampungkan Uji Kelayakan Capim KPK

luhut penuhi panggilan mkd
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Komisi III DPR telah merampungkan tugasnya melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 10 calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi.

Tentukan Ketua KPK, Komisi III DPR Kembali Gelar Voting

Selanjutnya, masing-masing kelompok fraksi (poksi) akan berkomunikasi dan menyampaikan laporan hasilnya kepada pimpinan fraksinya masing-masing.

"Selanjutnya, besok Komisi III akan melakukan pemilihan penentuan, siapa-siapa yang akan lolos menjadi pimpinan KPK. Pengambilan keputusannya sesuai dengan ketentuan undang-undang melalui mekanisme musyawarah mufakat," kata Wakil Ketua Komisi III Benny K. Harman di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu 16 Desember 2015.

Jika musyawarah mufakat tidak bisa dicapai, Benny menuturkan, pengambilan keputusan akan dilakukan melalui voting. Dengan begitu, besok bisa diumumkan para pimpinan KPK yang baru.

"Mudah-mudahan, besok kita sudah memiliki pimpinan KPK definitif untuk periode 2015-2019," ujarnya.

Benny menyampaikan, semua capim yang ada sudah bagus dalam menyampaikan paparannya. Hanya saja, ia melihat para capim lebih terkesan fokus pada pencegahan.

"Pandangan pribadi saya, 10 capim KPK ini orang-orang yang punya komitmen yang kuat untuk memberantas korupsi, mempunyai pemahaman yang luas, memiliki pemahaman yang komprehensif mengenai apa itu KPK dan memiliki pengetahuan yang luas soal korupsi," tuturnya. (asp)

Wakil Presiden Boediono dan Kepala LKPP Agus Rahardjo

Agus Rahardjo Ketua KPK Baru

Dia akan memimpin lembaga itu selama empat tahun ke depan.

img_title
VIVA.co.id
17 Desember 2015