Kapolri Ucapkan Selamat pada Pimpinan KPK Baru

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id - Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengucapkan selamat kepada lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi yang telah dipilih oleh Komisi III DPR, Kamis, 17 Desember 2015. Badrodin berharap, mereka mampu menjalankan tugas dengan baik.

Usut Kasus Pembubaran Seminar, Kapolri Terjunkan Propam

"Saya selaku mitra KPK mengucapkan selamat kepada calon pimpinan KPK yang terpilih 5 orang ini," ujar Kapolri di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat, 18 Desember 2015.

Menurut Badrodin, semua pimpinan KPK itu sudah melewati tahapan seleksi, memenuhi standar persyaratan serta kompetensi yang dipersyaratkan oleh pansel. Oleh karena itu, mereka dikirim ke DPR. "Nah, mereka (Komisi III DPR) harus memilih 5 di antara 10 orang ini," katanya menerangkan.

Kapolri: Bom Thamrin Dikendalikan Lima Kelompok Teroris

Dia berharap, KPK dan Polri bisa membangun hubungan lebih baik dan bersinergi di dalam pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi di bawah kepemimpinan yang baru tersebut. "Dengan harapan ke depan kami bisa bersama-sama yang lebih erat. Yang lebih bersinergis di dalam pemberantasan tindak pidana korupsi. Dan termasuk juga harapan kita, KPK harus lebih jaya harus lebih berhasil dalam pemberantasan tindak pidana korupsi," tuturnya.

Badroidin berpendapat, kerja sama yang dibangun antara Polri dan KPK tidak sekedar dalam bentuk memorandum of understanding (MoU) namun berdasarkan kepercayaan dan persyaratan yang dilakukan secara sinergis dan rasa kepercayaan. Tak hanya dari level pimpinan tapi juga sampai ke bawah.

Terkait wewenang dalam menangani kasus-kasus korupsi, Badrodin tidak mempermasalahkan siapa yang menangani kasus besar maupun kasus korupsi yang berskala kecil. Baginya, yang terpenting adalah saling bekerjasama dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi.

LBH Pers: Kepolisian Jadi Lembaga Paling 'Baper'

"Kalau yang big bos itu ditangani oleh KPK kalau yang bawah-bawahnya bisa ditangani oleh Polri. Kalau membutuhkan bantuan tenaga yang lebih besar kita bisa support penyidiknya."

(mus)

Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti.

Aparat yang Tangkap Santoso Dijanjikan Naik Pangkat

Aparat akan diberikan kenaikan pangkat luar biasa.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2016