RJ Lino Tersangka, Ketua Pansus Pelindo II: Alhamdulillah

Mantan Direktur Utama PT Pelindo II Richard Joost Lino usai menjalani pemeriksaan di Bareskrim, Mabes Polri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Ketua Pansus Pelindo II Rieke Diah Pitaloka memberi tanggapan atas penetapan Direktur Utama PT Pelindo II sebagai tersangka. Rieke menyambut baik langkah KPK tersebut.

"Alhamdulillah. Saya mengapresiasi langkah KPK," kata Rieke dalam perbincangan dengan tvOne, Jumat, 18 Desember 2015.

Rieke mengatakan kasus ini sebenarnya sudah masuk ke KPK tahun 2012. Tapi belum ada keputusan.

Korupsi RJ Lino, KPK Periksa Dirut Jayatech Putra Perkasa

"Mungkin membutuhkan waktu yang panjang untuk menetapkan sebagai tersangka," kata Rieke lagi.

Rieke berharap kasus ini tidak berhenti di pengadaan barang. Dia meminta KPK menelusuri perpanjangan konsesi tidak hanya Lino, tetapi juga semua pihak yang terkait. Terutama, kata Rieke, keterlibatan Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini Soemarno.

"Ini harus dikembangkan. Mudah-mudahan tidak berhenti hanya pada RJ Lino. Dia hanya Dirut. Kami bukan menembak orang per orang, tapi ada persoalan besar, aset negara yang harus kita selamatkan. Tidak bisa BUMN diliberalisasi, diprivatisasi ugal-ugalan begini," kata Rieke.

Atas perbuatannya tersebut, Lino disangkakan telah melanggar Pasal 2 ayat 1 dan atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana. (ase)

KPK Akan Periksa Kembali RJ Lino
Haryadi Budi Kuncoro, Senior Manager Peralatan PT Pelindo II yang juga adik mantan Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto, seusai menjalani pemeriksaan di KPK pada Selasa, 23 Februari 2016.

Adik Bambang Widjojanto Kembali Diperiksa KPK

Haryadi diperiksa sebagai saksi korupsi RJ Lino

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2016