Gempa Cianjur Merambat ke Garut, Warga Panik

Peta lokasi episentrum gempa bumi Sumatra 11 April 2012
Sumber :
  • REUTERS/Thomas Peter

VIVA.co.id - Warga yang berada di sejumlah kecamatan di Kabupaten Garut, Jawa Barat merasakan gempa bumi berkekuatan 5,6 Skala Richter yang berpusat di Kabupaten Cianjur, Sabtu, 19 Desember 2015. Walaupun hanya berlangsung beberapa detik namun sejumlah warga sempat panik.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dadi Djakaria membenarkan sejumlah wilayah di Garut diguncang gempa bumi. Berdasarkan informasi dari BMKG, pusat Gempa terjadi di Kabupaten Cianjur dengan kekuatan Mag:5.6 SR, Lok:8.49 LS,106.97 BT (146 km Barat Daya Cianjur) dengan kedalaman 20 Km.

"Memang gempanya sangat terasa, kami sedang memantau ke sejumlah daerah, namun belum ada laporan kerusakan," ujarnya, Minggu, 20 Desember 2015.

Sejumlah warga yang merasakan gempa mengaku kaget, karena gempa dirasakan saat akan tertidur, sehingga saat terasa getaran langsung keluar rumah.  "Ya, tadi ada gempa, kami langsung keluar rumah, karena lampu gantung tiba-tiba bergoyang,"  ujar Asep (42) warga Kecamatan Karangpawitan, Garut.

Warga lainnya, Yudi (38) warga Garut Kota, merasakan hal yang sama, dia yang hampir tertidur kaget, karena warga berteriak sambil keluar rumah akibat merasakan gempa.

"Saya langsung saja keluar rumah bersama anggota keluarga lainnya, alhamdulillah gempa bumi tak berlangsung lama," kata dia.

Gara-gara Uang Rp30 Ribu, Tukang Ojek Ini Cekik Istrinya

(mus)

Ilustrasi/Banjir di Aceh

1,7 Juta Orang Indonesia Terdampak Bencana dalam Enam Bulan

Total korban meninggal akibat bencana mencapai 267 orang.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016