19 Tersangka Perusak Kantor Gubernur Kaltara Ditangkap

Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA.co.id -Polisi menahan 19 tersangka pengrusakan dan pembakar kantor Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara). Polisi menyatakan, kondisi di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara saat ini sudah berlangsung kondusif.

Meski demikian, polisi berjaga-jaga di sekitar kantor gubernur. Polisi menambah kekuatan personelnya yakni dari SSK (Satuan Setingkat Kompi) dari Kelapa Dua Jakarta dan SSK dari Polda Kalimantan Utara. Garis polisi masih melintang di sekitar kantor Gubernur. Masyarakat tak diizinkan melintasi garis polisi tersebut.

Kapolda Kalimantan Timur, Irjen Pol Safaruddin berjanji akan melakukan tindakan tegas dengan mengungkap otak dari demo anarkis di kantor Gubernur Kaltara.

Mendagri: Tembak di Tempat Bagi yang Membuat Kerusuhan

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo menyampaikan,  bahwa kondisi usai kerusuhan hasil rekapitulasi suara Pilkada di Kalimantan Utara (Kaltara) berangsur terkendali. Ia terus memantau perkembangan situasi tersebut lewat jaringan telepon selularnya.

Mendagri secara tegas, menginstruksikan Penjabat Gubernur Kaltara, untuk segera melakukan identifikasi konflik. Ia mempertanyakan deteksi dini daerah pada masa rawan sekarang ini, yakni proses rekapitulasi suara dan penetapan pemenang. Menurutnya, perlu kejelasan, apakah kericuhan tersebut bagian dari skenario atau aksi spontan masyarakat di sana.

"Tahap krusial ini pada saat penetapan pemenang. Sebab, emosional pendukung tinggi," kata Tjahjo.

Situasi Kalimantan Utara Kondusif Usai Rusuh Pilkada

Laporan tvOne.

Ilustrasi temuan mortir

Warga Temukan Bom 15 Kilogram Dekat Bandara Tarakan

Bom itu berbentuk mortir dan diduga dari peninggalan perang zaman dulu

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2016