Mendagri: Jelang Putusan Pilkada, Seluruh Daerah Siaga Satu

Mendagri Tjahjo Kumolo Tinaju TPS Airin
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menerbitkan radiogram untuk mengantisipasi kericuhan penetapan calon. Menurut Tjahjo, Pilkada serentak yang telah berjalan lancar, jangan sampai pada akhirnya tak berujung kondusif.

Radiogram itu, kata Tjahjo ditujukan kepada para Gubernur se-Indonesia. Tjahjo memberi instruksi agar jajaran pemerintah daerah meningkatkan kembali deteksi dini pada tahap penetapan calon.

Bahkan, kata Thahjo, jika perlu setiap daerah menetapkan siaga satu pada tahapan penetapan calon, hingga masuk ke permohonan gugatan dan putusan MK. Alasannya, tindakan anarkis di Kaltara beberapa waktu lalu dinilai telah mencederai demokrasi di Indonesia.

"Perlu antisipasi dan deteksi dini secara saksama agar kejadian seperti di Provinsi Kalimantan Utara dan beberapa kabupaten/kota dapat diatasi dan diprediksi awal," kata Tjahjo melalui pesannya kepada media, Senin, 21 Desember 2015.

Menurut dia, masa-masa tersebut bisa menjadi rawan, termasuk pada saat sekarang ini masa pengajuan permohonan dan putusan sidang Mahkamah Konstitusi (MK). Karenanya, dia meminta para Gubernur terus berkordinasi dengan forkompida kabupaten/kota untuk mencermati perkembangan dinamika masyarakat setempat.

Tak hanya dengan jajaran pemerintah, dan TNI/Polri, menurut Tjahjo, perlu juga membangun komunikasi bersama tokoh masyarakat, agama, adat, beserta timses pasangan calon dan sejumlah elemen masyarakat.

Ahok Maju Lewat Parpol, Bagaimana Nasib 1 Juta KTP?

Selain itu, Tjahjo juga menilai perlu adanya langkah antisipasi dengan pemetaan lokasi vital guna memperketat penjagaan serta pengawasan.

"Emosi elite dan masyarakat cukup tinggi, perlu kewaspadaan penuh. Jangan sampai pilkada yang berjalan lancar tanpa konflik akhirnya menimbulkan hal yang tidak diinginkan karena kita lengah deteksi dini," ujar dia.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

Kemendagri Sosialisasi PP Tentang Perangkat Daerah

Agar pemerintah bisa berjalan lebih efektif dan efisien ke depannya

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016