Lagi, Densus 88 Amankan Terduga Teroris di Gresik

Personel Densus 88 Antiteror Polri.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dyah Ayu Pitaloka

VIVA.co.id - Tidak hanya di Mojokerto, Detasemen Khusus 88, rupanya melakukan penggerebekan dugaan jaringan teroris di kompleks Perumahan Kota Baru Driyorejo, Kabupaten Gresik, pada sekitar Sabtu hingga Minggu, 19-20 Desember 2015. Satu orang diamankan dalam penggerebekan ini.

Informasi diperoleh menyebutkan, penggerebekan di Gresik dilakukan berdasarkan pengembangan dari terduga teroris yang diamankan di Mojokerto, Sabtu malam. Dari Mojokerto, IIW, TGH, dan BR alias KR alias AM alias MCA, langsung dibawa untuk mencari jaringannya yang lain.

Penggerebekan dilakukan di sebuah rumah di Jalan Granit Kumala IV Perum Kota Baru Driyorejo (KBD), Desa Petikan, Kecamatan Driyorejo, Gresik, pada Sabtu, 19 Desember 2015, sekitar pukul 18.00 WIB.

Seorang berinisial JY, kelahiran Sragen, Jawa Tengah, diamankan di rumah tersebut dan langsung dibawa ke Polda Jatim. Dua jam kemudian, dilakukan penggeledahan di rumah JY, melibatkan personel Densus 88, aparat Polda, Polres Gresik, dan Kodim setempat.

Di rumah tersebut diketahui tinggal istri JY, AJI, beserta dua anak mereka, SQ (5tahun) dan SA (4). Dari hasil penggeledahan, petugas mengamankan barang bukti berupa laptop dan buku-buku tentang jihad. Penggeledahan berlangsung hingga Minggu pagi, 20 Desember 2015.

Informasi menyebutkan, terduga teroris yang diamankan di Mojokerto dan Gresik ini merupakan kelompok yang disebut dengan Kelompok Trowulan. Belum diketahui pasti apakah kelompok ini berjejaring dengan kelompok gerakan Islamic State of Iraq and Suriah (ISIS) atau lainnya.

Polisi masih terus melakukan pengembangan guna mencari terduga lain dari jaringan ini. Kepala Bidang Humas Polda Jatim, Komisaris Besar Polisi RP Argo Yuwono, belum berhasil dimintai keterangan terkait informasi tersebut.

Namun, sebelumnya Argo mengatakan Densus antiteror terus mengembangkan penangkapan terduga teroris di Mojokerto. "Masih didalami. Kalau saya dapat informasi detil segera saya kabarkan," ujar dia kepada VIVA.co.id, Senin, 21 Desember 2015.

Sebelumnya Densus 88 menggerebek sebuah rumah Nomor 78 di Jalan Empu Nala, Kelurahan Balongsari, Kecamatan/Kota Mojokerto, Sabtu malam, 19 Desember 2015.  Dari penggerebekan itu, Densus mengamankan tiga orang dan sejumlah barang, di antaranya tiga unit sepeda motor.

 

Polisi Korban Aksi Bom Bunuh Diri di Solo Naik Pangkat
Personel Densus 88 Antiteror Polri.

Enam Terduga Teroris di Batam Ternyata Otak Bom Solo

Mereka disebut juga terlibat dalam sejumlah kegiatan teror.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016