Tekan Karhutla, Kementerian LHK Restorasi Sistem Gambut

Sumber :
  • Foe Peace

VIVA.co.id - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kementerian LHK) mencanangkan Gerakan Nasional Revolusi Mental 'Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan', Senin, 21 Desember 2015.

Menurut Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya ada tiga nilai-nilai penting dari Revolusi Mental. Pertama adalah integritas, kedua etos kerja, dan ketiga gotong-royong.

"Nilai-nilai kuncinya itu integritas, etos kerja atau kerja keras, serta gotong royong," katanya di Auditorium Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Senin, 21 Desember 2015.

Dalam sambutannya di acara tersebut, Siti menambahkan bahwa KemenLHK perlu melakukan restorasi sistem gambut guna menekan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Indonesia. Namun, untuk melakukan hal tersebut, Kementerian LHK tentu saja tidak bisa bekerja sendiri dan memerlukan bantuan instansi lain.

"Restorasi ekosistem gambut, perlunya banyak. Program sertifikasi Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL) harus banyak. Jadi enggak mungking kementerian itu bekerja sendiri- sendiri. Kata Pak Presiden, selesaikan PR ini sama-sama," ujar Siti.

Satelit Lapan Deteksi 232 Hotspot Jelang Puncak Kemarau
Kebakaran hutan dan lahan di Indonesia

Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?

Di sejumlah wilayah Sumatera kini mulai terjadi kebakaran hutan lagi.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016