Densus Sita Perlengkapan Aksi Kelompok ISIS WNI

ilustrasi pengeledahan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Maulana Surya
VIVA.co.id
Gelar Operasi Antiteror, Polisi Kanada Lumpuhkan Tersangka
- Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menegaskan, sembilan orang dari kelompok teroris dan radikal Islamic State of Iraq dan al-Sham (ISIS) berencana melakukan aksi bom di Tanah Air.

Bertemu Menteri Australia, Yasonna Bahas Soal Terorisme

"Dulu kan sudah pernah saya sampaikan, ISIS sasarannya pejabat polisi, Densus 88 Antiteror, Syiah, TNI, dan tempat-tempat berkumpul," kata Badrodin Haiti di Jakarta, Selasa, 22 Desember 2015.
ISIS Klaim Rampas Senjata Milik Tentara AS


Menurut Badrodin, tak hanya tempat keramaian yang menjadi incaran kelompok ISIS tersebut, melainkan tempat tertentu yang tidak disebutkan, mungkin saja bisa menjadi sasaran kelompok ini.


"Ya, walaupun
enggak
secara eksplisit dibilang, kan semua bisa terjadi," ujarnya.


Badrodin menjelaskan, dari penelusuran Densus 88 Antiteror, para kelompok teroris ISIS ini sudah menyiapkan perlengkapan sebelum melakukan aksi bom yang direncanakan pada malam Natal dan pergantian tahun baru.


"Ada barang bukti yang kami sita, mengarah ke sana (penyerangan)," ujarnya.


Namun, mantan kapolda Jawa Timur itu enggan merinci soal hasil pemeriksaan kepada jaringan teroris ISIS itu. Sebab, saat ini masih dilakukan pengembangan oleh kepolisian.


"Belum dapat detail tentang itu. Tapi, rencana itu memang betul diakui," katanya.


Sebelumnya, polisi telah mengamankan sembilan tersangka yang diduga terlibat organisasi ISIS dan kelompok teroris di Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur, selama dua hari pada 18-19 Desember 2015.


Sembilan tersangka diduga kelompok radikal itu ialah, RS alias IW alias ZA, YS alias KH, berhasil diamankan di Majenang, Cilacap, Jawa Timur. Kemudian, tersangka di Z dan AA berhasil diamankan di Tasikmalaya, Jawa Barat.


Lalu, tersangka MKA alias M alias K, TP dan IR ditangkap di Mojokerto. Selain itu, JAR alias AR alias AS ditangkap di Gresik. Dan, polisi juga mengamankan AB alias AK di Sukoharjo, Jawa Tengah.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya