3 Malam Terapung di Laut, Nakhoda Marina Ditemukan Selamat

Sumber :
  • ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang
VIVA.co.id
Tim SAR Temukan 20 Jasad Korban Kapal Karam di Batam
- Seorang nelayan Bagang bernama Syair menemukan nakhoda KM Marina Baru 2B yang karam di Perairan Siwa, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu, 19 Desember 2015. Nakhoda bernama Asdar ditemukan mengapung di Perairan Teluk Bone antara Kolaka dan Luwu. Kondisinya sangat lemah karena mengalami dehidrasi.

Dimana Raibnya ABK Kapal Pisang VI?

"Nakhoda bernama Asdar dan penumpang berama M Yamin ditemukan dalam kondisi agak kurang bagus. Keduanya perlu mendapatkan perawatan penambahan cairan, ini efek dehidarasi, diharapkan akan segera pulih," kata Kepala RS Bayangkara Makassar, Kombes (Pol) Raden Harjuno, Selasa, 22 Desember 2015.
Getek Angkut Jemaah Haul Terbalik, 1 Tewas


Sementara terkait dengan pendataan korban, menurutnya, tim DVI posko Pelabuhan Siwa telah mendata keluarga korban penumpang kapal. Saat ini sudah ada 46 data pembanding untuk mengungkap identitas korban.


"Kita lakukan pendataan, turunkan SDM yang sudah terlatih untuk wawancara kepada keluarga korban, dari data akan dipadukan dengan pos antemortem," katanya.


Pendataan dilakukan dengan mengumpulkan ciri khusus, ciri medis, jenis kelamin para korban. "Seperti rambut, kulit, ciri khusus seperti tato, tanda bawaan dan lain-lain. Kita akan periksa gigi, bagian sulit untuk hancur dan juga tidak lupa periksa DNA," katanya.


Pos DVI Pelabuhan Siwa juga berkoordinasi dengan pos DVI di Wajo di bawah Polda Sultra. Menurut Raden, tidak menutup kemungkinan banyak korban yang ditemukan di wilayah Polda Sultra.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya