Kapolri Ungkap 9 Organisasi Diduga Teroris di Indonesia

Komisi III Sambangi Rumah Badrodin Haiti
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id -
Ini Daftar Organisasi Teroris Terkaya di Dunia
Indonesia menjadi salah satu wilayah rawan yang bisa dijadikan sasaran gerakan terorisme. Dalam konteks tersebut, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengungkapkan setidaknya ada sembilan kelompok organisasi yang diduga terlibat dalam jaringan teroris di negara ini.

Aparat yang Tangkap Santoso Dijanjikan Naik Pangkat

"Banyak, Mujahid Indonesia Timur, Laskar Jihad, ada Jamaah Ansorut Tauhid (JAT), Daulah Islamiyah Nusantara. Banyak, kalau enggak salah ada sembilan," kata Badrodin di Mapolda Metro Jaya, Rabu, 23 Desember 2015.
Usut Kasus Pembubaran Seminar, Kapolri Terjunkan Propam


Tapi, ia tak merinci nama lengkap kelompok organisasi radikal yang diduga terlibat tindakan terorisme di Indonesia tersebut.


"Situasi sekarang kelompok kan sudah banyak kita identifikasi, kelompok besar ada sembilan sekarang," katanya dia lagi.


Dari sembilan kelompok organisasi yang diduga teroris itu, Badrodin mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan mereka saling berkomunikasi antara satu sama yang lainnya, termasuk dengan Islamic State Iraq and Syiria (ISIS).


"Jaringan itu meluas karena memang ideologinya hampir sama," ujarnya.


Sementara itu, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memastikan akan bekerjasama dengan institusi terkait lainnya dalam menghadapi ancaman teroris di Tanah Air. Kekuatan intelijen TNI bahu membahu dengan Polri, serta Badan Intelijen Negara (BIN).


"Saya memberikan informasi, tapi di sini
leader
-nya Polri," kata Gatot. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya