Polisi Pasang Alat Ukur Kecepatan di Tol Cipali dan Jagorawi

Ilustras-Gerbang Tol Cipali di Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA.co.id - Pihak Kepolisian memasang alat ukur kecepatan di sejumlah tol rawan kecelakaan. Salah satunya di Tol Cikopo - Palimanan (Tol Cipali) dan Tol Jagorawi (Jakarta, Bogor dan Ciawi).

Kisah Mistis Tol Cipali Diangkat ke Layar Lebar

Alat tersebut berfungsi untuk mendeteksi apabila pengemudi melebihi batas kecepatan. Jika nanti melebihi batas kecepatan maka akan diburu dan ditilang.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Condro Kirono, mengatakan alat ukur bernama Speed Gun itu sudah dipasang di dua ruas tol, yakni Tol Cipali dan Tol Jagorawi.

Ban Mobil Pecah, Satu Orang Tewas di Tol Cipali

"Di tol Cipali ada dua lokasi rawan yang kami pasangi Speed Gun," kata Condro kepada wartawan, usai apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2015 di Polda Metro Jaya, Rabu 23 Desember 2015.

Untuk Tol Cipali, Speed Gun diletakkan di lajur lurus memanjang di mana pengemudi kerap memacu kendaraannya dengan cepat. 

Truk Kontainer Terguling di Tol Jagorawi

Speed Gun itu juga sudah dipasang secara permanen di lokasi tertentu, atau tak bisa dipindahkan lagi. Makanya ada petugas yang menjaga dan memantau kecepatan kendaraan di lokasi itu. 

Begitu ketahuan melebihi batas kecepatan, maka petugas akan memberitahu penjaga di ruas berikutnya untuk menghentikan dan menilang pengendara.

Sementara itu, kata Condro, untuk di Tol Jagorawi, Speed Gun tidak dipasang di tempat tertentu, melainkan dibawa oleh petugas patroli jalan raya (PJR). 

"Ada dua mobil patroli yang membawa
Speed Gun
di tol Jagorawi. Anggota bebas hendak mengukur kecepatan di lokasi mana," ujar Condro. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya