TNI AL Bekuk Komplotan Perompak Spesialis Selat Malaka

Pasukan khusus saat berlatih membebaskan kapal dari bajak laut.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Komando Armada Kawasan Barat (Koarmabar) berhasil meringkus pelaku perompakan spesialis Selat Malaka yang mencuri Light Crude Oil (LCO) milik kapal MT Joaquim pada awal Agustus 2015.

Ditpolair Polda Sumsel Ringkus Tiga Pembajak Solar

Ketiga tersangka yakni, HU, AS dan AG, berhasil diringkus di Bandung, Jawa Barat. "Mereka ini spesialis pencuri LCO," kata Panglima Armabar, Laksana Muda TNI A. Taufik, Rabu, 23 Desember 2015.

Para pelaku diketahui melakukan perompakan kapal MT Joaquim dengan menggunakan kapal MT Kharisma 9. Saat itu mereka menggondol 2.900 MT LCO dari kapal yang sedang melintas di Selat Malaka. Hingga akhirnya di pertengahan Desember 2015, penyelidikan yang dilakukan selama empat bulan berhasil menemukan titik terang.

Kapal Patroli TNI AL Diserang, Satu Orang Tewas

Kapal MT Kharisma 9 yang digunakan untuk merompak berhasil ditemukan di perairan Bojonegara, Banten. "Saat ditemukan kapal sudah berganti nama menjadi Union Star, cat lambung kapal terindikasi dicat ulang dan mesin kapal dalam keadaan mati serta sisa LCO sebanyak 700 KL," kata Taufik.

Sejauh ini, dari pemeriksaan terhadap tiga pelaku, muncul dua nama yang diduga menjadi dalang perompakan yakni E dan AN. "Sampai saat ini masih ada 10 orang DPO yaitu 8 DPO perompak dan 2 DPO sebagai pemberi perintah."

(mus)

TNI AL Siap Hadapi Gugatan Perompak di Pengadilan
Kapal nelayan dirampok di Kepulauan Seribu

Perompak Bersenjata Teror Kapal Nelayan Kepulauan Seribu

Kapal nelayan di Kepulauan Seribu dirompak Rabu malam.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2016