Haul ke-6 Gus Dur Bertabur Pejabat dan Kiai Besar

Putri mendiang Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid, Inayah Wahid
Sumber :
  • Antara/ Regina Safri

VIVA.co.id - Wafat ke-6 tahun Abdurrahman Wahid atau Gusdur akan diperingati Sabtu 26 Desember 2015 di Komplek Al-Munawwaroh, Jalan Warung Silah 10, Ciganjur, Jakarta Selatan. Sejumlah persiapan Haul Gus Dur tersebut telah mencapai 90 persen.

Griya Gus Dur Akan Jadi 'Pangkalan' Aktivis Kebangsaan

Disampaikan Seksi Acara Ngatawi Al-Zastrow acara Haul Gus Dur kali ini akan membawa tema "Merawat Tradisi, Merajut Hati", di mana akan berlangsung sehari penuh, mulai dari pukul 07.00 WIB hingga 22.45 WIB.

"Persiapan sudah 90 persen. Nanti acara akan dimulai dari pagi hari dengan Khatamul Qur'an hingga sore. Break salat Maghrib, lalu diisi dengan khasidah dan salawat dari An-Nabawi sampai break salat Isya. Dan, pukul 19.30 WIB kita mulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an, menyanyikan Indonesia Raya," ujar Zastrow, Jumat petang, 25 Desember 2015.
Rizal Ramli Dukung Pemulihan Nama Gus Dur

Menurutnya acara peringatan wafatnya Presiden ke-4 ini dilanjutkan dengan sambutan keluarga dan sambutan penghormatan dari para ulama ternama.
Menko Luhut Dukung Pelurusan Nama Baik Gus Dur

"Sambutan penghormatan akan dilakukan oleh Kiai Said Aqil Siradj, Kiai Makruf Amin, dan Kyai As'ad Said Ali. Tadinya, Kyai Hasyim Muzadi akan hadir, tetapi beliau berhalangan hadir, karena sedang di luar negeri," imbuhnya.

Mengenai para pejabat yang akan hadir, Zastrow mengungkapkan ada beberapa yang sudah memastikan diri untuk datang, yaitu Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

"Kalau Pak JK (Jusuf Kalla) hadir di Haul Gus Dur di Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur," jelas dia.

Selain itu, pada peringatan meninggalnya tokoh toleransi ini juga akan diselingi dengan hiburan dari musisi kenamaan, seperti Melanie Subono, Ikhsan Skuter, dan Marjuki dari Jogja Hiphop Foundation.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya