Liburan di Pantai Berujung Duka, Lutfan Tewas Terseret Ombak

Sumber :
VIVA.co.id
Enam Wisatawan di Pantai Parangtritis Digulung Gelombang
- Peristiwa mengenaskan dialami dua wisatawan yang tengah menikmati liburan dengan berkunjung di Pantai Sepanjang, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Kedua wisatawan itu tergulung ombak saat asyik bermain di tepi pantai, Jumat 25 Desember 2015.

Satu Santri Lagi Tenggelam di Parangtritis Ditemukan Tewas

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, satu korban sudah ditemukan dalam keadaan tak bernyawa. Sementara satu korban lainnya masih hilang belum ditemukan.
Korban Tenggelam di Kali Pasar Ular Ditemukan


Dari keterangan Tim
Search and Rescue
(SAR) Pantai Baron, korban yang berhasil ditemukan bernama Muhammad Lutfan (22 tahun), warga Brebes, Bumiayu, Jawa Tengah. Sedangkan satu korban hilang yakni Hasan Fuadi (26), warga Bojong, Pekalongan, Jawa Tengah.


"Kami terus berusaha mencari korban, namun belum membuahkan hasil," kata Sukamto, anggota Tim SAR Pantai Baron, Kabupaten Gunungkidul, Sabtu 26 Desember 2015.


Menurutnya, ramainya Pantai Sepanjang diakui Sukamto cukup mengganggu pencarian korban. "Pandangan kita terbatas, karena banyak wisatawan berada di pinggir pantai," ungkapnya.


Diketahui, peristiwa tenggelamnya dua wisatawan terjadi saat mereka tengah bermain air di tepi pantai bersama-sama teman-temannya. Saat asyik mandi di tepi pantai, tiba-tiba datang ombak besar dan langsung menyeret empat orang korban. Namun dari empat orang tersebut, dua di antaranya berhasil menyelematkan diri dengan langsung menepi ke pantai. Sementara dua lainnya, terseret ombak ke tengah lautan.


Kejadian tersebut langsung dilaporkan ke Tim SAR Pantai Baron. Saat itu pula Tim SAR langsung terjun ke lokasi untuk memberikan pertolongan. Saat itu juga Tim SAR berhasil menemukan Muhammad Lutfan dalam keadaan sudah tak bernyawa.


Sementara satu lainnya masih hilang karena saat itu ombak Pantai Selatan memang cukup besar, sehingga menyulitkan Tim SAR mencari keberadaan korban. "Pada awalnya mereka bermain air di sisi barat Pantai Sepanjang, tiba-tiba datang ombak besar dan langsung menyeret meeka ke tengah," kata Sukamto.


Menurut dia, Muhammad Lutfan ditemukan 100 meter dari lokasi kejadian. Untuk mengevakuasi korban, Tim SAR Pantai Baron menggunakan kapal. Sebab, jauh dari tepi pantai.


Saat ini Tim SAR masih berupaya melakukan pencarian terhadap Hasan Fuadi. Pencarian dilakukan dengan menyusuri pantai menggunakan kapal dan jetsky.


Untuk mengantisipasi kejadian serupa, maka Tim SAR Pantai Baron, mengimbau wisatawan tidak bermain di lokasi berbahaya serta mematuhi rambu-rambu larangan yang ada di sepanjang pantai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya