Jokowi: Jangan Diberitakan, yang Lain Nanti Cemburu

Presiden dan istri, Iriana Joko Widodo.
Sumber :
  • Reuters/Beawiharta

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo meminta, pembangunan sejumlah bendungan di Nusa Tenggara Timur (NT) tidak diberitakan media. Namun, ternyata Jokowi hanya bercanda. Apalagi, pemerintah sudah membangun bendungan Rotiklot yang ditargetkan rampung 2018.

Jokowi: Tax Amnesty Jadi Jawaban Merebut Dana Investasi

Tak hanya itu, akan ada tujuh bendungan lagi yang siap dibangun di NTT. Karena itu, seloroh Presiden, tidak perlu disebarluaskan. "Karena provinsi yang lain nanti cemburu," ujar Presiden Joko Widodo, ketika memberikan sambutan pada acara Groundbreaking Bendungan Rotiklot, di Desa Fetuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Provinsi NTT, Senin 28 Desember 2015.

Dengan dibangunnya bendungan itu, Jokowi berharap NTT mampu menjadi lumbung pangan. "Lumbung-lumbung pangan kuncinya hanya satu, ada air. Air itu akan ada jika ada bendungan dan waduk," ujar Presiden.‎

Jokowi: Indonesia Bangga Raih Perak Pertama

Bendungan Rotiklot adalah bendungan kedua yang dibangun di NTT setelah bendungan Raknamo. Bendungan ini memiliki daya tampung air 2,9 juta meter kubik. Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki, berjanji akan menuntaskan pembangunan ini hingga tiga tahun. "Kalau ada yang berjanji seperti ini harus dikejar," ujar Presiden.

Bendungan ini dapat memenuhi kebutuhan irigasi 139 hektare sawah dan 500 hektare lahan plawija. Presiden berharap, bendungan ini juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan juga pembangkit listrik. "Karena di NTT, listriknya masih sangat kurang, sangat jauh dari cukup."

Disindir Jokowi Soal Anggaran, Ini Kata Gubernur Aher

Selain meresmikan pembangunan bendungan, Presiden dengan ditemani Ibu Negara Iriana Jokowi juga melakukan pembagian sembako. Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Panglima TNI Gatot Nurmantyo, Kapolri Badrodin Haiti dan Gubernur NTT Frans Lebu Raya ikut mendampingi Jokowi dalam acara ini.

(mus)

Ilustrasi formulir pajak

Presiden Jokowi Santai UU Amnesty Digugat

"Sudah jadi budaya di Indonesia."

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016