Jokowi Harap Motaain Jadi Contoh Wilayah Terdepan

Pos perbatasan Indonesia-Malaysia di Long Nawang, Kecamatan Kayan Hulu, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Moh. Nadlir
VIVA.co.id
Indonesia-Malaysia Duduk Bersama Bahas Batas Wilayah
- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo hari ini meninjau Motaain, salah satu wilayah perbatasan Indonesia yang akan menjadi lokasi Pos Lintas Batas Negara (PLBN) terpadu. Motaain yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) itu berbatasan dengan Timor Leste dan diharapkan presiden menjadi salah satu contoh PLBN percontohan pada masa yang akan datang.

Bappenas Siap Evaluasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah

"Ini akan menjadi contoh bahwa yang namanya muka terdepan itu diperlukan. Baik sebagai kebanggaan bangsa Indonesia, maupun dari sisi ekonomi sebagai titik pertumbuhan ekonomi untuk mendorong Indonesia ekspor ke negara lain," kata Presiden Joko Widodo di Motaain, NTT sebagaimana dirilis Tim Komunikasi Presiden, Senin 28 Desember 2015.
MEA Dinilai Jangan Korbankan Daerah Perbatasan


Pembangunan Motaain sebagai PLBN akan diresmikan pada bulan Oktober tahun 2016. Pos ini adalah salah satu dari tujuh PLBN lainnya di berbagai daerah yaitu Entikong, Nanga Badau, Aruk, Wini, Skouw dan Motamasin. PLBN Motaain yang berada di kabupaten Belu ini diharapkan berkontribusi lebih besar terhadap warga setempat, khususnya dalam hal ekonomi.


"Sekaligus kita ingin agar arus barang dari Indonesia ke Timor Leste semakin banyak," imbuh presiden.


Kunjungan ke PLBN Motaain merupakan salah satu agenda kunjungan Presiden Joko Widodo ke NTT yang dimulai sejak kemarin, Minggu 27 Desember 2015. Selain pembangunan PLBN, dibangun pula jalan yang sebelumnya memiliki lebar 4,5 meter menjadi 7 meter.


Jokowi meminta PLBN memberikan pelayanan yang tak hanya baik, namun juga cepat. Di wilayah tersebut kini terdapat hingga 984 kepala keluarga.


"Pelayanan arus orang dan arus barang menjadi lebih cepat," kata Jokowi. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya