Penembak 3 Polisi Diduga OPM

Ilustrasi/Penembakan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Markas Besar Polri menduga pelaku penembakan terhadap tiga anggota polisi di Sinak, Kabupaten Puncak, Papua, adalah kelompok Tentara Pembebasan Nasional (TPN)/Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Heboh Tukang Listrik Punya Senjata Api dan Ratusan Peluru

"Sementara indikasi dari kelompok TPN (Tentara Pembebasan Nasional-red) pernah ada indikasi yang sama di 2013 waktu itu pihak TNI maupun masyarkat sipil," kata Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Pol, Budi Gunawan di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 28 Desember 2015.

Namun, ia tak merinci soal motif kelompok tersebut melakukan penembakan dan perampasan senjata anggota polisi yang bertugas di Polsek Sinak tersebut.

Lagi, Empat Satpol PP Makassar Dijemput Paksa Polisi

"Saat ini masih dalam pendalaman, pasukan sedang mengidentifikasi, melakukan pengejaran," katanya. Menurut Budi, tim pengejaran pelaku penembakan dan tim investigasi sudah berada di Papua, dan sekarang langsung melakukan tugasnya.

"Jadi, Kapolda Papua dengan kekuatan perbantuan telah sampai di lokasi kemudian untuk para jenazah yang gugur hari ini telah sampai di Jayapura," ujarnya.

Wakapolsek Kemayoran Mabuk Usai Minum Jamu Campur Anggur

Sebelumnya, pada Minggu 27 Desember 2015 sekitar pukul 20.45 WIT Markas Polsek Sinak Kabupaten Papua diserang oleh orang tidak dikenal, diduga oleh kelompok separatis Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Akibat kejadian itu, tiga orang tewas ditembak yaitu Briptu Ridho, Bripda Arman, dan Bripda Ilham. Sementara anggota yang tertembak, Briptu Suma dan Bripda Rian.

Lima Kritikan Ini Sering Dilontarkan untuk Polisi

Kritikan ini sering muncul di akun media sosial milik polisi.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016