Agenda Tahun Baru Jokowi di Papua

Presiden Jokowi Makan Malam dengan Pelawak.
Sumber :
  • Agus Rahmat / VIVA.co.id

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Merauke Papua setelah menempuh penerbangan 4 jam 40 menit dengan menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Pesawat yang membawa presiden tersebut lepas landas dari Pangkalan Tentara Nasional Indonesia (TNI) AU Halim Perdanakusuma Jakarta pukul 13.40 WIB dan tiba di Merauke pukul 20.20 WIT.

Dalam kunjungan kerja di Papua, Presiden Jokowi rencananya akan ke Merauke, Wamena, Sorong dan mengakhiri tahun 2015 di Raja Ampat. Besok, Presiden Jokowi akan memulai kegiatannya di Merauke dengan menghadiri acara Kapsul Waktu "Impian Indonesia 2015-2085" di Lapangan Hasanap Sai, Kabupaten Merauke.

Setelah itu, presiden dan rombongan akan melanjutkan perjalanan ke Wamena menggunakan pesawat. Di Wamena, presiden akan meresmikan terminal bandar udara Wamena dan bandar udara Kaimana. Presiden juga dijadwalkan akan bertemu dengan masyarakat di pegunungan Jayawijaya.‎

Selundupkan Kayu, 8 Warga Papua Nugini Dicokok TNI AL

Hari Kamis, 31 Desember 2015, Jokowi akan bertolak ke Sorong‎ dan Raja Ampat. Sementara sebelum kembali ke Jakarta, dia akan menyempatkan meninjau pabrik Sagu di sekitar kawasan tersebut.

Kunjungan ke Papua dan Papua Barat adalah yang ketiga kalinya bagi Presiden Jokowi. Yang pertama kunjungan tanggal 27-29 Desember 2014, kedua pada tanggal 8-11 Mei 2015 dan kunjungan kali ini merupakan yang ketiga yaitu 29 Desember 2015-1 Januari 2016.

"Saya akan sering hadir di Papua," ucap Presiden ketika hadir di Gelanggang Olahraga Waringin Jayapura, 27 Desember 2014 sebagaimana rilis yang dikirimkan Biro Pers Kepresidenan, Selasa 29 Desember 2015.
 
Relatif seringnya Presiden Jokowi berkunjung ke Indonesia Timur dibandingkan presiden sebelumnya seakan ingin mengubah kesan bahwa Jawa bukan lagi menjadi pusat. Istilah Jawa sentris dan Indonesia sentris juga beberapa kali diucapkan Jokowi dalam konteks pemerataan pembangunan dan program pemerintah.

Salah satu tribun di Mimika Sports Complex

Papua Bangun Kompleks Olahraga Mewah untuk PON 2020

Pembangunan Mimika Sports Complex dibantu oleh PT Freeport Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2016