Cak Nun: Masyarakat Bisa HIdup Tanpa Pemerintah

Sumber :
  • tvOne/antv

VIVA.co.id - Budayawan Emha Ainun Nadjib, atau yang biasa disapa Cak Nun, menilai saat ini masyarakat tidak perlu banyak berharap kepada pemerintah. Alasannya, pemerintah saat ini lebih sering membikin kegaduhan politik, daripada memikirkan kepentingan kebutuhan masyarakat.

“Kita bisa hidup tanpa pemerintah. Biarkan saja pemerintah itu ribut sendiri,” ujarnya saat menghadiri sebuah diskusi di salah satu kampus, Surabaya, Jumat, 1 Januari 2016.

Menurutnya, masyarakat Indonesia sudah terbiasa hidup sendiri. Tepatnya, tanpa mengandalkan bantuan pemerintah pun, masyarakat Indonesia sudah bisa mengurus dirinya sendiri.

Sebab, sejak awal bangsa Indonesia merupakan sebuah bangsa yang besar. Hal itu terbukti dari sejumlah sejarah yang telah dilalui oleh Indonesia.

Misalnya, dari pemilihan nama raja yang ada di Indonesia, tepatnya di Jawa yang bergelar Hamengkubuwono. Menurutnya, gelar itu merupakan gelar yang sangat besar, dan sarat makna.

“Hamengkubuwono itu artinya memangku dunia. Orang yang biasanya memangku itu adalah ibu kepada anaknya. Jadi wajar kalau saat ini bangsa Indonesia sedang dihina bangsa lain, karena kita memang ibu dari seluruh bangsa di dunia,” kata Cak Nun. (ren)

BRI Salurkan Kredit Usaha Rakyat Rp16,7 Triliun
Industri kreatif.

Kredit Usaha Rakyat Tak Cocok untuk Startup

Ada tiga bidang usaha kreatif yang cocok gunakan KUR.

img_title
VIVA.co.id
24 Maret 2016