Tahun Baru Hampir 400 Ribu Kendaraan Lintasi Tol Cikampek

Ilustrasi macet di tol.
Sumber :
  • ANTARA/M.Ali Khumaini
VIVA.co.id
Besok, Polisi Berlakukan Lawan Arus di Tol Cikampek
- Pada hari libur Natal hingga tahun baru 2016 terhitung sebanyak 384.026 kendaraan melintasdi Tol Jakarta-Cikampek. Angka tersebut dicatat Jasa Marga mulai tanggal 23 Desember 2015 hingga 3 Januari 2016.

Didominasi Kendaraan Pribadi, Tol Jakarta-Cikampek Padat
"Gambaran kami dan sama-sama diketahui saat itu lalu lintas sangat padat disebabkan kendaraan yang berhenti di sejumlah rest area yang ada di dalam tol," kata Humas Jasa Marga cabang Tol Jakarta-Cikampek, Iwan Abrianto saat dihubungi VIVA.co.id

Menghindari 'Jebakan' Macet Libur Panjang
Kendaraan yang melintasi Tol Jakarta-Cikampek tersebut berasal dari arah Jakarta menuju Cikampek, Tol Cipali dan Bandung. Pula dicatat dari arah sebaliknya.
  
Pada tanggal 23 Desember 2015 yang merupakan awal arus mudik, total kendaraan menuju Cikampek, Tol Cipali dan Bandung berjumlah 107.359 kendaraan. Sementara pada arus mudik kedua tanggal 24 Desember 2015 terdapat 79.476 kendaraan.

Kemacetan yang terjadi kata dia tidak hanya karena banyaknya kendaraan namun adanya titik dari arah Bandung dan Tol Cipali yang akan menuju tol Jakarta-Cikampek. Selain itu, ada lima titik antrean masuk ke rest area di Kilometer 62, 52, dan 42, antrean di gerbang Tol Cikarang Utama serta kendaraan yang akan masuk ke ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road

Pada berikutnya selama dua hari sebelum arus balik libur Natal, kondisi arus lalu lintas sempat kembali normal. Sementara pada arus balik tanggal 27 Desember 2015 arus lalu lintas kembali padat. Sebanyak 101.839 kendaraan 
melintas menuju Jakarta. Lalu tanggal 3 Januari 2016 sebanyak 95.352 kendaraan masuk ke wilayah ibu kota.

Untuk mengantisipasi kemacetan, pihak Jasa Marga melakukan sejumlah upaya mengurai kepadatan arus lalu lintas antara lain memasang rambu, rubbercone, railing di bahu depan rest area. Selain itu diberlakukan pula sistem contra flow atau lawan arus yaitu membuka satu jalur mengarah ke Cikampek yang digunakan kendaraan yang mengarah ke Jakarta. 

"Secara keseluruhan apa yang kita lakukan kemarin sudah menjadi solusi terbaik kami dan cenderung situasi masih kondusif mesti ada banyak kekurangan yang perlu dievaluasi ke depannya," kata Iwan soal evaluasi terhadap kemacetan di Tol Cikampek.




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya