Ledakan di Sarinah, Ini Kenapa Kawasan Thamrin Penting

Ledakan bom di Sarinah
Sumber :
  • Twitter @TMCPoldaMetro

VIVA.co.id - Sebuah ledakan diduga bom menghancurkan sebuah pos polisi dan Starbucks di kawasan Sarinah jalan MH Thamrin, Kamis, 14 Januari 2016.

Sebanyak tiga orang dilaporkan tewas dan beberapa lainnya terluka akibat kejadian ini. Hingga kini Kepolisian masih melakukan proses pengamanan di lokasi.

Ruas jalan MH Thamrin diawali dengan berdirinya Gedung Sarinah. Dimana gedung ini diketahui sebagai gedung pencakar langit pertama di Jakarta. Ia dibangun dengan ketinggian 74 meter dan terdiri dari 15 lantai.

Kala itu, sejak zaman Presiden Sukarno, kawasan Sarinah memang disiapkan sebagai pusat belanja modern. Karena itu, secara perlahan ruas jalan MH Thamrin akhirnya menjadi sentra penting bagi DKI Jakarta.

Di ruas jalan MH Thamrin, berdiri sejumlah bangunan penting. Misalnya ada Bank Indonesia, Menara Thamrin, Bank Rama, Bank Bangkok, Hotel Sari Pan Pacific, Menara Cakrawala, Sarinah, Kedutaan Besar Prancis, Plaza BII, Kedutaan Besar Inggris, Kedutaan Besar Jerman, Kedutaan Besar Jepang dan Korea Selatan, Hotel Indonesia dan Grand Shopping Town dan lainnya.

Di ruas jalan MH Thamrin, yang dipenuhi berbagai gedung penting dan diketahui juga hanya berjarak sekira satu kilometer dari Istana Presiden.

Menhan: Tunjukkan Ayat dan Hadis Bom Bunuh Diri Masuk Surga

(mus)

Tim Gegana Polres Aceh Timur mengevakuasi temuan bom dengan bobot 10 kilogram, Rabu (10/8/2016). Diduga bom yang tertimbun di dalam tanah ini adalah sisa konflik Aceh bertahun-tahun lalu.

Bom Rakitan 10 Kg Sisa Konflik Aceh Ditemukan

Ditemukan terkubur dalam tanah.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016