Kisruh Penyidik Bawa Brimob, Wantimpres Sambangi KPK

KPK menggeledah ruang kerja anggota DPR.
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari
VIVA.co.id
Kapolres Bantah Tiga Anggota KPK Positif Narkoba
- Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Hasyim Muzadi menyambangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta, Senin 18 Januari 2016.

Tersangka Korupsi Sebut Politikus PKS Tahu 'Proyeknya'

Hasyim mengaku kedatangannya itu lantaran dia mendapat keluhan dari masyarakat terhadap KPK di bawah pimpinan baru jilid lV.
KPK Kukuh Penggeledahan Bawa Senjata Sesuai Prosedur


"Saya sering mendapatkan keluhan dari masyarakat yang datang ke Wantimpres, sehingga daripada saya hanya berdasarkan berita-berita, kan saya lebih baik datang kesini tanya sendiri bagaimana masalah yang sesungguhnya," kata Hasyim usai pertemuan dengan pimpinan KPK.


Hasyim mengaku bertemu langsung dengan lima Pimpinan KPK dan melakukan diskusi sejumlah hal hampir selama satu jam. Menurut Hasyim, dia mendapat penjelasan bahwa koordinasi antara KPK dengan aparat penegak hukum lain saat ini sudah lebih baik dari sebelumnya.


Dia berharap KPK dapat terjun langsung ke masyarakat untuk memberikan penjelasan mengenai pemberantasan korupsi. Hal tersebut dibutuhkan untuk menjawab anggapan miring terhadap KPK yang dinilai tebang pilih.


"KPK saya harap bisa bersama dengan penegak hukum lain terjun ke masyarakat untuk memberikan penjelasan bagaimana sesungguhnya pemberantasan korupsi di lndonesia, supaya tidak ada yang miring-miring terhadap KPK ini, yang dianggap tidak adil, tebang pilih dan sebagainya," kata Hasyim.


Hasyim juga meminta kepada para Pimpinan KPK jilid IV untuk tidak melupakan fungsi penindakan. Dia berharap lembaga antirasuah itu tidak hanya fokus ke bidang pencegahan saja.


"Ini harus dijelaskan supaya tidak terkesan bahwa KPK meninggalkan penindakan pergi ke rehabilitasi, dan itu pasti tidak memuaskan masyarakat. Jadi perlu dibuat pola bagaiamana menyeimbangkan antara pencegahan dengan penindakan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya