Paska Bom Thamrin

Borobudur dan Prambanan Dijaga Lebih Ketat

Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Anis Efizudin

VIVA.co.id - Sebelum bom Sarinah meledak, jaringan ISIS pernah mengancam akan melakukan teror terhadap situs budaya bersejarah seperti candi-candi yang ada di Yogyakarta. Untuk mencegah kejadian buruk, kepolisian memperketat pengamanan sejumlah obyek wisata terutama situs peninggalan budaya seperti Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko.

"Pasca kejadian Sarinah kami berkoordinasi dengan Polres Sleman dan Klaten untuk pengamanan Candi Prambanan dan Ratu Boko," kata Kepala UPT Taman Wisata Candi Prambanan, Priyo Santoso, Senin, 18 Januari 2016.

Tak hanya pengamanan dari aparat kepolisian, personel pengamanan dari pengelola obyek wisata juga ditambah. Menurut Priyo, langkah itu demi membuat pengunjung nyaman.

"Penambahan kamera CCTV di beberapa lokasi juga dilakukan untuk memantau wilayah yang tidak terjangkau pihak keamanan," ujarnya.

Sementara itu, Manager Operational Bandara Adisutjipto, Alif Krisno Hidayat, mengatakan untuk pengamanan bandara sudah siaga sejak 24 November lalu. Namun, setelah peristiwa Jakarta, personel keamanan, termasuk intelijen, anjing pelacak dan patroli ditambah.  "Total personel yang berjaga ada 38 orang," ujarnya.

Dia mengatakan, pemeriksaan kendaraan juga dilakukan dengan menggunakan mirror detection. Mereka meningkatkan keamanan, tidak hanya barang tetapi calon penumpang.

Hingga Hari Ini, Sudah 22 Orang Ditahan Terkait Bom Thamrin

"Jika ada yang membahayakan langsung kami tindak, tidak ada pemakluman," ungkapnya.

Indihome Prambanan Jazz 2016

Boyz II Men Siap Ramaikan Indihome Prambanan Jazz 2016

Konser digelar pada 20 dan 21 Agustus 2016 mendatang.

img_title
VIVA.co.id
31 Maret 2016