Cuti Diperpanjang Jadi Solusi Kemacetan Libur lebaran 2016

Macet di Tol Cipularang
Sumber :
  • Jay Ajang Bram/tvOne

VIVA.co.id - Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) mengimbau kepada pemerintah agar libur Hari Raya Idul Fitri atau lebaran 2016 diberlakukan cuti bersama lebih panjang. Menurut Presiden MTI, Danang Parikesit, jika tidak dilakukan cuti yang lebih panjang, maka libur lebaran 2016 diprediksi akan menyebabkan kemacetan parah.

Evaluasi Mudik 2024, Muhadjir Ungkap Sejumlah Catatan dari Jokowi

"Kita tahu lebaran tahun ini akan jatuh pada hari Rabu-Kamis diperkirakannya. Dan itu kalau tidak dilakukan kebijakan apapun akan terjadi macet. Tidak seperti tahun lalu," ujar Danang saat ditemui di acara HUT MTI ke-20 di salah satu holeh di Jakarta Selatan, Kamis malam, 21 Januari 2016.

Danang menyatakan, ada baiknya cuti diperpanjang yang dimulai dari Kamis-Jumat. Hal ini dilakukan agar para pemudik bisa melakukan perjalanan lebih teratur.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Diproyeksi Tumbuh 5,15 Persen, Pemilu hingga Ramadhan Jadi Pendorong

Untuk merealisasikan hal tersebut, pemerintah melalui dalam hal ini Kementerian Perhubungan haruslah berkondinasi dengan beberapa kementrian lain seperti Kementerian Tenaga Kerja, serta Kementerian Dalam Negeri dalam pengaturan libur.

Selain tambahan cuti, lanjut Danang, hal terpenting lainnya untuk memperlancar perjalanan libur lebaran yakni dengan cara pemberian tunjangan hari raya yang lebih.

BPS: Inflasi April 2024 Paling Rendah Dibanding Tiga Lebaran Tahun Sebelumnya

"THR lebih awal, orang mau mudik, kalau belum dapat THR jadi nunggu. Jadi memberikan tunjangan di awal itu juga akan menjadi solusi," tuturnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi [dok. BKIP Kementerian Perhubungan]

Menhub Klaim Kepuasan Pemudik Capai 89 Persen pada Periode Mudik Lebaran 2024

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengeklaim angka kepuasan pemudik Lebaran 2024 mengalami peningkatan berdasarkan hasil survei BPS dan Kemenkominfo.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024