Kemsos Data Kerugian Eks Gafatar di Kalbar

Sumber :
  • VIVA.co.id/ Danar Dono

VIVA.co.id - Pengungsi eks Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang tiba di Jakarta hari ini, 27 Januari 2016, tercatat ada 712 jiwa. Besok, direncanakan akan ada 800 jiwa lagi yang merapat di Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Polisi Segera Limpahkan Berkas Kasus Gafatar
Mayoritas para pengungsi eks Gafatar tersebut meninggalkan aset mereka pasca terjadinya aksi pembakaran di Mempawah, Kalimantan Barat. Menanggapi hal ini, Kementerian Sosial (Kemsos) RI telah menyiapkan solusi, dengan mendata kerugian yang dialami eks Gafatar. 
 
Kasus Gafatar, Polisi Sudah Periksa 50 Saksi
"Kami akan data aset mereka yang tertinggal di sana. Kami jelas akan bantu, Pemerintah akan bantu. Yang jelas untuk saat ini, sebagai pengungsi, mereka akan kami terima dan akan kami berikan perlindungan serta jatah hidup dahulu," ujar Kasubag Humas Kemsos, Arief Septa Wijaya.
 
4 Isu Penting di Apel Siaga Kodam Jaya
Rencananya, eks Gafatar ini akan diungsikan ke Gelanggang Olah Raga (GOR) Sidomulyo di Taman Wiladatika, Cibubur, untuk ditampung serta menjalani pemulihan psikologis.
 
"Kami akan tampung dulu, kisaran 3 sampai 10 hari ke depan. Untuk anak-anak yang putus sekolah, sementara kami siapkan rumah baca serta buku dan permainan untuk trauma healing, menghilangkan stres mereka," tuturnya. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya