Longsor dan Banjir Hantui Warga Jambi

Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

VIVA.co.id - Ribuan rumah di empat kecamatan Kabupaten Bungo Provinsi Jambi masih terendam banjir. Luapan Sungai Batang Tebo di wilayah itu memaksa seluruh warga untuk mengungsi ke daerah yang lebih aman.

Pada Kamis 28 Januari 2016, hujan lebat kembali mengguyur Jambi. Banjir yang sempat mereda akhirnya muncul lagi.

Tercatat empat kecamatan yang terendam parah yakni, Tanah Tumubuh, Jujuhan, Limbur dan Kecamatan pelayang.

"Genangan airnya sudah nyaris menenggelamkan rumah warga. karena itu warga sudah diungsikan," kata Saruddin, Kepala Desa Tanah Tumbuh, Jumat 29 Januari 2016.

Di Kabupaten Lahat Sumatera Selatan, hujan deras mengguyur telah membuat satu rumah dan warung milik seorang warga habis disapu longsor.

Material tanah meluluhlantakkan kediaman Cik Nang, warga setempat. "Untung kami masih bisa menyelamatkan diri. Kini rumah kami sudah rata dengan tanah," katanya.

Tambang Longsor

Sementara itu, di Balikpapan Kalimantan Timur. Lima orang pekerja tambang dilaporkan tertimbun longsor saat sedang berada di lokasi pertambangan.

Dua orang berhasil menyelamatkan diri sementara sisanya hingga kini masih dalam proses pencarian.

Dari keterangan pekerja, kejadian longsor itu terjadi saat mereka tengah mengoperasikan alat berat untuk mengeruk batu bara di area tambang di Kilometer 48 Balikpapan-Samarinda.

"Bersama tiga orang itu, juga hilang satu unit mobil buldozer dan tiga buah truk. Semua terbawa longsor," kata seorang saksi mata Tarno.

Hingga kini, proses pencarian terhadap ketiganya masih dilakukan oleh Basarnas setempat. Material lumpur yang tebal dan hujan deras ikut menyulitkan tim pencari untuk melakukan evakuasi.


Bayu Alfarizi/Irwansyah/Asho Andi

1,7 Juta Orang Indonesia Terdampak Bencana dalam Enam Bulan
Banjir di Gorontalo

Anggaran Banjir Minim, Belum Semua Sungai Dibenahi

Kementerian PUPR akan buat skala prioritas.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016