Pipa Pertamina Terbakar Hebat, Dua Warga Terluka

Sumber :
  • ANTARA/Adeng Bustomi

VIVA.co.id - Jalur pipa penyalur minyak mentah dari Lapangan Nglobo & Ledok KSO Geo Cepu Indonesia (GCI) menuju MGS Menggung PEP Field Cepu di Dukuh Kalirejo, Desa Sambong, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, terbakar hebat.

Perburuan Alien Belum Usai, Kawan

Public Relation Manager PT Pertamina EP, Muhammad Baron mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 06.00 WIB. Namun, pihaknya belum mengetahui pasti apa penyebab terjadinya kebakaran itu.

Dugaan sementara, pipa mengalami kebocoran karena dirusak secara sengaja.

LSM Asal AS ini Diduga Ikut Campur Tangan Pemilu di Banyak Negara

"Sampai saat ini kami masih melakukan investigasi penyebab kebakaran. Namun berdasarkan keterangan aparat kepolisian sektor Sambong, kebocoran pipa terindikasi ada aksi ilegal tapping atau perusakan secara sengaja di pipa karena terdapat dua lubang berdekatan," kata Baron dalam keterangan pers yang diterima VIVA.co.id, Jumat 29 Januari 2016.

Dalam kejadian tersebut, lanjut Baron, terdapat dua orang di sekitar pipa yang turut menjadi korban luka ringan dan saat ini sudah ditangani di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Cepu.

2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

Salah satu korban hingga saat ini masih dalam observasi dan perawatan lanjutan dan satu orang lagi sudah dibolehkan pulang untuk selanjutnya rawat jalan.

"Kami sangat menyesalkan kejadian dan aksi yang tidak bertanggung jawab ini. Namun,demikian kami sangat mengapresiasi dukungan dan kerjasama masyarakat dan pemerintah Blora sehingga penanganan dapat berjalan lancar. Ke depan kami berharap apabila ada hal yang mencurigakan dapat segera melaporkan kepada kami,” kata Baron.

Baron juga menyampaikam, Tim Penanggulangan Keadaan Darurat PT Pertamina EP bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora telah berhasil lakukan pemadaman pada kebakaran di jalur pipa tersebut.

"Sejak mendapatkan laporan kejadian kebakaran, kami langsung menurunkan tim pemadam kebakaran dan BPBD ke lokasi sehingga api berhasil dipadamkan pukul 09.00. Dan hingga sore ini situasi di lokasi telah dapat dikendalikan," katanya menuturkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya