SMA Yayasan Mensos Khofifah Bakal Tergusur Proyek Jembatan

Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id - Proyek jalan Frontage Road sisi barat di Kota Surabaya dikebut. Namun, beberapa kendala masih ditemui, yakni adanya lahan dan bangunan yang belum selesai dibebaskan.

Beberapa titik lahan dan bangunan yang belum kelar pembebasannya, di antaranya, lahan di depan Markas Polda Jawa Timur, lahan dan bangunan Rumah Sakit Islam (RSI) Surabaya, dan lahan serta bangunan SMA Khadijah yang berada tepat di sebelah RSI. Semuanya berada di Jalan A Yani.

Nah, SMA Khadijah Surabaya adalah sekolah yang berdiri di bawah naungan Yayasan Taman Pendidikan dan Sosial Nahdlatul Ulama (YTPSNU) Khadijah Surabaya, yang diketuai oleh Khofifah Indar Parawansa, Menteri Sosial (Mensos) RI. Adapun RSI di bawah naungan Yayasan RSI Surabaya (Yarsis).

Kepala Badan Perencanaan dan Bangunan Kota (Bappeko) Surabaya, Agus Iman Sonhaji, membenarkan lahan dan bangunan SMA Khadijah masuk dalam proyek Frontage Road. Anggaran untuk pembebasan lahannya juga sudah disediakan untuk 2016 ini.

Sayang, Sonhaji mengaku tidak mengetahui pasti berapa nilai anggaran yang disediakan untuk membebaskan lahan dan bangunan milik RSI dan SMA Khadijah, serta lahan-lahan lain sekitar terdampak proyek tersebut.

Mensos Heran Peredaran Narkoba Kian Marak di Madura

"Itu nanti nilainya kan juga harus ada perkiraan harga dari tim appraisal (penaksir harga). Saya kira RSI sudah sepakat dengan nilai yang ditawarkan tim appraisal," kata Sonhaji kepada VIVA.co.id, Minggu malam, 31 Januari 2016.

Secara terpisah, Ketua II YTPSNU Khadijah Surabaya, Suwito, mengatakan secara informal sudah terjadi pembicaraan antara Khofifah dengan Wali Kota Surabaya terpilih, Tri Rismaharini, soal pembebasan lahan SMA Khadijah tersebut.

"Kalau secara kelembagaan antara Pemkot dengan yayasan sepertinya belum pernah ada pembicaraan. Karena lahan SMA Khadijah kan sebenarnya milik Muslimat, dan itu ketuanya Ibu Khofifah. Jadi beliau yang tahu betul," ujar Suwito.

Informasi dihimpun menyebutkan, proyek infrastruktur jalan Frontage Road sisi barat ditargetkan selesai pada 2016. Jalan ini dibangun melintas dari Bundaran Waru, Sidoarjo, menyambung hingga ke pertigaan traffict light menuju Jalan Darmo dan Jalan Diponegoro. Frontage Road dibangun untuk memecah masalah kemacetan di Kota Surabaya.

RSI dan SMA Khadijah berada di ujung Jalan A Yani yang berada di kawasan Wonokromo. Informasinya, skema Frontage Road di kawasan ini nantinya akan dipecah jadi tiga jalur. Yakni jalur menuju Jalan Gunung Sari, menuju Terminal Joyoboyo, dan jalur menuju Raya Darmo atau Diponegoro

Reaksi Kocak Kapolda Jatim Namanya Masuk Survei Pilkada
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa

Mensos Sebut Porseka Bagian Revolusi Mental

Porseka dorong santri sehat jasmani dan kejiwaan.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2016