Cegah Virus Zika, Bandara Bali Pasang Thermal Scanner

Nyamuk aedes aegypti
Sumber :
  • REUTERS/Carlos Jasso
VIVA.co.id
Bali Berencana Bangun Bandara Baru
- Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Bali, memperketat pengamanan untuk mengantisipasi masuknya virus zika. General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Trikora Harjo menuturkan, pihaknya sudah memasang alat pemindai suhu tubuh.

Ratusan Penerbangan di Bali Tutup Selama Nyepi
"Soal virus zika, berkaitan dengan kawan-kawan kawasan pelabuhan mereka sudah berkoordinasi dengan kami, menyiapkan thermal scanner dan sudah terpasang," kata Trikora, Jumat, 5 Februari 2016.

Gara-gara Virus Zika, Mobil Ini Ganti Nama Baru
Menurut dia, alat pemindai suhu tubuh itu khusus dipasang di pintu kedatangan internasional. Semua penumpang yang datang dari mancanegara, diwajibkan menjalani pemeriksaan terlebih dulu, sebelum diperbolehkan keluar bandara. "Di terminal internasional saja, karena kemungkinan penumpang (terjangkit virus) datang dari sana," imbuhnya. 

Nantinya, jika ada penumpang yang terindikasi terjangkit virus itu, dengan suhu tubuh di atas normal, maka akan dilakukan tindakan isolasi. Selanjutnya pasien akan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah, Denpasar, Bali, untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

"Sampai sekarang belum ada yang terdeteksi," jelasnya.

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia- WHO menyatakan wabah virus Zika sebagai kondisi darurat kesehatan masyarakat dunia. WHO menempatkan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk ini, masuk dalam kategori yang sama seperti Ebola. 

Para ahli pun memperkirakan mungkin ada empat juta kasus virus zika, yang telah menyebar ke 23 negara.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya