Hapus Premium DKI, JK: Itu Pandangan Pribadi Ahok

Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menilai wacana Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk menghapus bahan bakar minyak (BBM) jenis premium hanya sebagai pandangan pribadi.

Premium Mau Ditarik dari Pasaran, Ini Tahapannya
"Bukan pemerintah daerah (pemda), tapi pandangan pribadi gubernur Ahok," kata JK di kantornya, Jumat 5 Februari 2016.
 
Premium Mulai Dihapus dari Pasaran
JK menjelaskan, kewenangan untuk menghapus premium bukan berada pada gubernur. Kewenangan tersebut, menurut Wapres, ada di pemerintah pusat dan PT Pertamina.
 
Ahok akan Hapus Premium, Ini Kata Menteri ESDM
Saat ditanya apakah ada instruksi pemerintah pusat seperti menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Ahok soal wacana tersebut, ia menegaskan pemerintah pusat tak memberikan instruksi tersebut.
 
Sebelumnya, Ahok mewacanakan akan menghapus premium dari Jakarta. Wacana ini dimunculkan, sebab menurut Ahok, lebih baik subsidi premium dialihkan untuk menyubsidi transportasi massal. Ketika transportasi massal sudah terjamin, ia meyakini warga Jakarta tidak akan lagi memerlukan transportasi pribadi.
 
Ahok menjamin, ketika premium dihapuskan dari Jakarta, ia akan menyediakan bus sebanyak mungkin. Bahkan para pekerja yang memiliki rekening Bank DKI tak perlu lagi membayar bus TransJakarta.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya